June 24, 2024

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Forum Wisata Lingkar Rinjani melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah. Kegiatan tersebut berlangsung pada jalur wisata pendakian Sembalun tanggal 12-14 Oktober 2023. Serta, di jalur pendakian Torean tanggal 17-19 Oktober 2023.

1. Jumlah Sampah yang Diangkut

Bersih-bersih sampah yang dilakukan Balai TNGR NTB bersama Forum Wiata Lingkar Rinjani ini, berhasil mengumpulkan sebanyak dua kwintal sampah pada dua lokasi tersebut.

Kepala Balai TNGR NTB, Dedy Asriady mengatakan, lokasi clean up dilakukan di sepanjang jalur pendakian Sembalun. Ditambah dengan area kemah Plawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak.

“Total jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan di jalur pendakian tersebut sebanyak 130 kilogram,” kata Dedy, dikutip dari Republika.

Sedangkan di Jalur pendakian Torean, lanjutnya, total sampah yang berhasil dikumpulkan sebanyak 87 kilogram.

“Dengan titik lokasi clean up di sepanjang jalur pendakian Torean, arean camp dan Danau Segara Anak,” tambahnya.

2. Jenis Sampah yang Diangkut

Adapun jenis sampah yang dikumpulkan selama kegiatan bersih-bersih, kata Dedy, kebanyakan berasal dari sampah plastik dan botol.

“Jenis sampah dari kegiatan clean up ini terdiri dari sampah plastik, botol plastik, botol kaleng, botol kaca. Ada tisu, dan sampah organik,” ungkap Dedy.

3. Imbuan TNGR NTB Soal Sampah di Rinjani

Dedy menjelaskan, kalau keberadaan sampah di Gunung Rinjani tidak hanya sebatas mengganggu pemandangan dan membuat alam Rinjani tampak kotor. Melainkan, dapat mengganggu ekosistem yang ada di Gunung Rinjani.

“Sampah yang dibuang itu tentunya akan merusak keindahan wisata kawasan Gunung Rinjani,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat atau para pendaki untuk bersama-sama menjaga kebersihan, kelestarian dan keasrian Gunung Rinjani. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan selalu patuhi aturan yang berlaku.

“Kebersihan menjadi awal dari penilaian baik buruknya seseorang. Kepribadian yang baik akan menjaga kebersihan dirinya, lingkungannya dan alam sekitarnya,” pungkasnya.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang ada menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *