June 15, 2024

Air terjun Penimbungan merupakan spot wajib yang harus kamu masukkan ke list travel bucket list kawan, karena tidak semua orang mampu untuk melihat keindahannya. Untuk mencapai air terjun ini, harus melewati jalur pendakian Rinjani.

Jalur Torean yang terbilang baru dan belum sepopuler jalur lainnya yang pada awalnya hanya dilalui oleh warga lokal saja. Dirumorkan bawah jalur Torean ini merupakan jalur paling indah di kalangan pendaki akhir-akhir ini.

1. Air Terjun Tertinggi di Pulau Lombok

Air terjun penimbungan
Air Terjun Penimbungan (sumber: Wikipedia.org/Akhdanmp)

Terletak di lereng sisi utara Gunung Rinjani, air terjun ini menjadi yang tertinggi di “Pulau Seribu Masjid” dengan ketinggian diperkirakan sekitar 100 meter. Air terjun ini belum dapat dijamah dari dekat terutama dari bawah, hal ini karena untuk mencapai lokasinya harus melewati medan yang sangat ekstrim.

2. Aliran Air Bersumber dari Danau Segara Anak

Danau Segara Anak
Danau Segara Anak (sumber: Wikipedia.org/Aldoarianto.87)

Aliran air terjun ini bersumber dari Danau Segara Anak yang merupakan sebuah danau di puncak Gunung Rinjani. Debit air yang berasal dari danau ini deras dan cenderung berwarna biru toska.

3. Merupakan Jalur yang Dilalui Peziarah

Jalur Torean
Jalur Torean (sumber: cabeoutdoorservice.com)

Air Terjun Penimbungan terletak sekitar 2 jam perjalanan dari Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang dengan melalui salah satu jalur pendakian Gunung Rinjani yaitu Jalur Torean. Jalur ini sebelum diresmikan, sering digunakan oleh peziarah yang hendak melakukan ritual di Danau Segara Anak maupun sumber mata air di sekitarnya.

4. Baru Jadi Jalur Pendakian Resmi pada Tahun 2021

Lembah Torean Rinjani
Lembah Torean (sumber: Wikipedia.org/Ramantara)

Jalur Torean diresmikan sejak 1 April 2021 oleh Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai jalur pendakian Gunung Rinjani. Meskipun tergolong jalur baru, namun Torean menjadi salah satu jalur favorit. Hal ini karena keindahan yang bak seperti melewati dunia dalam film Jurrasic Park. Jalur ini diapit oleh bukit yang menjulang kehijauan yaitu Plawangan Senaru dan Plawangan Sembalun.

5. Terdapat Sumber Air Panas Tempat Penduduk Berendam

Goa Susu
Goa Susu (sumber: localguidesconnect.com/richansinur)

Di jalur pendakian ini juga terdapat beberapa goa, yang terkenal adalah Goa Taman dan Susu. Disekitar goa-goa ini terdapat sungai dan kolam air panas yang kerap dikunjungi penduduk untuk berendam dengan tujuan pengobatan seperti encok atau penyakit kulit. Penduduk memiliki keyakinan bahwa dengan berendam disini dapat menyejukkan jiwa, menajamkan indera, dan menjadikan awet muda.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait DESA WISATA NGLANGGERAN, PERAIH BEST TOURISM VILLAGE 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *