June 13, 2024

Belakangan ini, savana di Lombok menjadi viral. Banyak netizen yang mengunjungi beberapa savana ini untuk mengabadikan sunrise hingga membuat reels maupun tiktok. Namun keunikan apa yang membedakan savana-savana ini? kami akan bahas semua keunikannya dalam artikel ini. Oleh karena itu baca hingga akhir ya, kawan!

1. Savana Bale Tepak, Savana di Lombok yang Belakangan ini Viral

Savana Bale Tepak menjadi savana yang belakangan ini viral dan banyak dikunjungi terutama saat sunrise. Belokasi di Desa Batu Jai, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah, savana ini menjadi viral karena pemandangan padang rumput luas diiringi dengan biasan cahaya jingga matahari terbit yang sangat indah. Momen sunrise menjadi saat yang tepat untuk datang, namun saat sunset juga tidak kalah indahnya.

Perlu diindahkan bahwa savana di Lombok yang satu ini muncul hanya pada musim kemarau, karena volume air bendungan yang menurun. Kawan jangan risau soal tempat parkir, karena warga setempat sudah menyediakan tempat untuk parkir. Kalian juga bisa berkuda sambil menikmat indahnya waktu sore hari atau memilih menginap di sini.

TIPS:

  • Dianjurkan untuk datang ke lokasi saat musim kemarau atau setidaknya jangan saat hujan
  • Berangkat sepagi mungkin ya, kawan! supaya bisa dapat cahaya yang bagus untuk mengabadikan foto
  • Ajak teman, saudara dan kerabat untuk berfoto bersama di sini!

2. Savana Dandaun, Salah Satu Surga Jalur Pendakian Rinjani

Berlokasi di Sembalun Bumbung, tepatnya di jalur pendakian Gunung Rinjani. Walaupun savana ini terletak di jalur pendakian, tapi jangan risau ya, karena lokasinya tidak terlalu sulit kok untuk dijangkau, bahkan cocok untuk pemula yang ingin mencoba mendaki bukit! Lama pendakian dari tempat parkir ke savana memakan waktu kurang lebih selama 60-90 menit saja.

Dari Savana Dandaun kawan dapat melihat puncak Gunung Rinjani yang tinggi menjulang. Selain itu, kawan juga dapat berjumpa dengan keindahan kabut yang turun, yang menambah eksotisme savana ini. Lalu, jika beruntung, kawan dapat menemukan kawanan sapi di lokasi ini, biasanya bisa ditemukan dari pagi hingga sore hari.

TIPS:

  • Kurang dianjurkan untuk anak di bawah 4 tahun dan orang lanjut usia yang kurang fit
  • Meskipun terdapat pedagang, namun tetap dianjurkan untuk membawa bekal air minum dan makanan sendiri, ya!
  • Hati-hati dengan kotoran sapi di sekitar lokasi, jangan sampai terinjak!

3. Savana Bukit Buwun Mas, Savana di Perbukitan Sekotong

Memiliki keunikan tersendiri, savana ini terkenal dengan banyaknya rerumputan yang tinggi di sekitarnya. Berlokasi di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Savana ini berada di puncak bukit yang berhadapan langsung dengan laut. Ditambah lagi dengan rumput tinggi yang bergerak bak ombak saat diterpa angin, menjadikan waktu terasa berjalan lebih lambat memberi kesan cinematic.

Pengunjung harus melewati jalan menanjak yang berbatu, semakin ke atas jalanannya akan semakin menyempit dan hanya cukup untuk satu motor saja. Namun tenang saja, karena kalian pasti akan semakin ingin kepuncak setelah melihat pemandangan selama menanjak ini.

TIPS:

  • Bawa bekar air dan makanan sendiri ya kawan, karena di atas tidak ada yang berjualan
  • Datang pada pagi hari ya! karena mataharinya akan lumayan menyengat saat siang hari
  • Nikmati pemandangan memukau selama menanjak, melihat laut dari sudut pandang yang berbeda

4. Savana Lendang Danger, Savana di Lombok bagian Utara

Terletak di Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Meskipun tidak sepopuler savana lainnya di Lombok, namun keindahannya boleh diadu. Padang rumput luas di atas bukit-bukit kecil yang saling berundak-undak sepanjang mata memandang, menjadi ciri khas dari savana ini.

Di sini, kalian bisa berkemah dengan area landai yang sangat luas, serta terdapat pepohonan yang lumayan banyak untuk kamu jadikan sebagai penahan angin. Kerbau dan Sapi warga juga banyak yang merumput ke sini. Fasilitas yang diberikan sudah sesuai standar objek wisata pada umumnya (mushola, berugak, dan warung)

TIPS:

  • Kendaraan dapat kawan titipkan di rumah warga sekitar dengan membayar seikhlasnya.
  • Jika ingin ke toilet, kawan bisa numpang meminta izin di rumah warga
  • Konon katanya sapi di sini tidak boleh diganggu karena milik warga.

5. Savana Propok, Savana yang Ditemani 2 Bukit Tidak Kalah Indah

Menawarkan pemadangan padang rumput dan ilalang luas setinggi pinggang dengan view puncak Gunung Rinjani dari sudut yang berbeda jika dibandingkan dengan yang dapat kawan lihat dari sembalun. Kata para pengujung, savana ini memberikan suasana bak savana di New Zealand terutama di pagi hari.

Untuk menuju savana ini kawan bisa memulai perjalanan dari Desa Bebidas, carilah kawasan pemandian air panas Dusun Sebau untuk memarkirkan kendaraan, dan bayar tiket masuk menuju Savana Propok dan Bukit Kondo. Trekking akan memakan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

TIPS:

  • Biaya tiket masuk dan parkir terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan objek wisata lainnya (Motor Rp 35.000)
  • Jangan lupa siapkan peralatan individu seperti bekal dan perlengkapan outdoor
  • Ambilah waktu 2 hari 1 malam, bermalam untuk melihat sunrise di esok hari
  • Bawa logistik dan air mineral yang cukup

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kawan dan memilih tempat menghabiskan weekend! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Logtun Waterpark, Solusi Liburan Bersama Keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *