June 13, 2024

Desa Banyumulek, Lombok Barat terkenal sebagai pusat seni gerabah di Lombok. Pada desa ini, terdapat sebuah galeri bernama Yulia Gerabah yang menjalankan usahanya dengan menggelar workshop pembuatan gerabah.

1. Yulia Gerabah Berdirik Sejak 1991

Yulia sebagai owner dari galeri gerabah tersebut menyampaikan, bahwa usahanya telah berjalan sejak tahun 1991. Bermula, dari orang tua Yulia yang menjalankan dan diteruskan oleh dirinya pada tahun 2019.

Meski baru tiga tahun menjalankan usaha pembuatan gerabah, Yulia mengaku sudah memasuki dunia pengrajinan sejak kecil.

“Sebab, menjadi pengrajin gerabah di Desa Banyumulek dilakukan secara turun-temurun,” ungkapnya ketika ditemui Travbuck.

Terlebih lagi, desa yang berada di Kabupaten Lombok Barat ini memang sejak dahulu sudah terkenal sebagai pusat seni gerabah.

Yulia mengatakan, ketika mulai menjalankan bisnis keluarganya, ia membawa semangat baru dan kreativitas. Dengan tujuan untuk turut mengembangkan perekonomian di Banyumulek melalui kerajinan gerabah.

“Bisnis gerabah adalah warisan yang harus dijaga dan diteruskan. Produknya dibuat dengan bahan baku tanah liat atau clay yang berkualitas dan dibuat menjadi berbagai macam barang. Seperti, perabotan dapur, pot bunga, cangkir, asbak dan lain berbagai produk lainnya,” terangnya.

2. Perjalanan Galeri Yulia Gerabah

Yulia turut menjelaskan, perjalanan galerinya hingga bisa sampai sekarang dengan memiliki beragam bentuk gerabah.

Awalnya, ia menerima pesanan sesuai permintaan konsumen dengan mengirimkan foto atau refrensi model gerabah yang ingin dibuatkan. Namun seiring berjalannya waktu, pihaknya mulai mencari inspirasi model gerabah secara mandiri di Instagram dan Pinterest. Kemudian, dikembangkan menjadi bentuk yang baru dan unik.

“Untuk pembuatan gerabah memerlukan waktu sekitar satu minggu dengan beberapa tahapan. Tahapan yang dilakukan dalam pembuatan gerabah, yakni melakukan pembuatan bentuk kemudian dikeringkan. Setelah itu, dilakukan penjemuran selama beberapa hari dan dilakukan penghalusan bentuk serta pembakaran secara tradisional,” tutur Yulia.

3. Gelar Workshop sebagai Media Belajar Buat Gerabah

Salah satu cara yang digunakan Yulia untuk terus memperkenalkan dan membranding usahanya secara lebih luas, dengan menggunakan media sosial.

Ia menggunakan Instagram dan Facebook sebagai alat untuk mempromosikan bisnisnya dan mendapatkan perhatian pihak lain. Seperti misalnya, menggelar workshop bersama komunitas-komunitas untuk belajar membuat gerabah, bertukar pengetahuan, pengalaman, dan memperluas jaringan.

“Kegiatan workshop ini sudah sejak 2022 saya lakukan. Tujuannya untuk memberikan peluang kepada peserta meningkatkan rasa kreatifitas dan rasa mencintai produk lokal yang ada, khususnya gerabah,” ujar Yulia.

Selain mengadakan workshop, Yulia juga mengadakan kelas privat bagi masyarakat yang ingin belajar membuat gerabah secara intens dan kelas yang dibuka bisa diikuti oleh segala kalangan.

“Untuk tarifnya sebesar Rp75.000, peserta sudah bisa membuat satu model produk gerabah,” lanjutnya.

4. Berharap Dapat Terus Berbagi Pengetahuan Buat Gerabah

Dengan menggelar workshop tersebut, Yulia berharap, galerinya dapat dikenal luas oleh masyarakat.

“Serta, dapat terus berbagi wawasan kepada masyarakat mengenai pembuatan gerabah. Agar produk lokal, khususnya gerabah ini terus berkembang,” harapnya.

5. Lokasi Yulia Gerabah

Jika Sobat Travbuck ingin berkunjung dan belajar langsung ke galeri Yulia Gerabah juga bisa lho. Untuk lokasinya, berada Jl. Wisata Banyumulek, Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat NTB.

Selain itu, Sobat juga bisa mendapat informasi seputar kegiatan dan galerinya melalui akun Instagram resminya @gerabah_banyumulek_lombok.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang ada menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel Travbuck lainnya, Bukit Sellow, Wisata Panorama Dataran Tinggi Petama di Lombok Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *