June 16, 2024

Sembalun merupakan daerah dataran tinggi di Pulau Lombok yang populer dengan pemandangan yang mempesona dan udara yang sejuk dan bersih. Banyak destinasi wisata yang ditawarkan di daerah ini, salah satunya adalah Bukit Pemedengan.

1. Destinasi liburan yang wajib di kunjungi!

Destinasi wisata Bukit Pemedengan ini dapat terbilang masih baru, karena lahan ini baru dijadikan objek wisata pada tahun 2020.

Dengan udara yang bersih dan sejuk, serta suasana yang tenang dengan view hamparan perbukitan dan pantai yang indah menjadikan destinasi ini sebagai tempat yang tepat bagi para pengunjung untuk healing dan berlibur bersama teman, pasangan maupun keluarga.  

2. Lokasi Bukit Pemedengan

Bukit Pemedengan terletak di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, yaitu sekitar 2 jam 30 Menit dari Kota Mataram atau sekitar 91 kilometer melewati Rute Lombok Utara dan 97 kilometer melalui Rute Lombok Timur. 

Lokasinya tidak jauh dari jalan utama, dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor, dan hanya 1,5 kilometer atau 15 Menit dari jalan utama. Meskipun jalan masuk ke area Bukit ini bukan merupakan jalan aspal, namun sudah aman untuk dilewati baik pengguna mobil maupun motor.

3. View yang memanjakan mata

Meskipun terbilang jauh dari pusat Kota, namun suasana, pengalaman dan pemandangan yang ditawarkan di Bukit ini dapat membayar jauhnya perjalanan. Sejak pertama datang langsung disuguhkan dengan pemandangan yang elok dan asri seluas mata memandang.

Lahan rerumputan yang luas, udara yang sejuk, pemandangan pepohonan hijau yang asri, dan suasana yang tenang tentunya menjadikan Bukit Pemedangan sebagai spot healing yang tepat.

Selain itu, Sobat dapat melihat langsung pemandangan Gunung Rinjani, Pantai Lombok Utara dan hamparan bukit-bukit disekitarnya, sangat komplit bukan?

4. Camping Ground, Sunset dan Sunrise

Hamparan Bukit yang luas dengan pemandangan yang memanjakan mata, membuat tempat ini menjadi sasaran strategis bagi wisatawan pecinta camping.

Tempat wisata ini dapat terbilang sebagai spot all-in-one karena selain dapat menikmati sunset, dan sunrise, pengunjung juga dapat menikmati indahnya bintang-bintang pada malam hari dari bukit ini.

Panorama yang ditawarkan tidak kalah indah dengan pemandangan dari bukit-bukit lain di sekitar sembalun yang tergolong jauh dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendakinya.

5. Wahana Ayunan Instagramable

Daya tarik destinasi ini tidak hanya keindahan panoramanya saja, tetapi terdapat spot berfoto khusus yang populer di kalangan milenial pengguna instagram, yaitu Wahana Ayunan.

Wahana Ayunan dengan view langsung hamparan perbukitan seluas mata memandang ini tentunya akan membuat Sobat pengunjung seolah-olah seperti terbang keatas langit!

Ayunan ini dibanderol dengan biaya 15.000 per orang, dan tentu saja wahana ini aman, karena sudah dilengkapi dengan helm, dan sabuk pengaman.

6. Fasilitas lengkap family-friendly

Terdapat fasilitas lahan parkir yang luas baik bagi pengguna mobil maupun motor, pengunjung hanya membayar Rp. 7.000 untuk dapat menikmati suasana di bukit ini.

Tidak perlu khawatir apabila hujan turun, pengunjung tetap dapat menikmati pemandangan sambil berteduh di rumah panggung yang terbuka maupun di berugak-gazebo yang tersedia di sini.

Untuk masalah makanan, terdapat Kantin Kecil dengan menu Kopi khas Sembalun yang dibanderol dengan harga Rp. 10.000.

Pengunjung yang berniat untuk camping pun tidak perlu khawatir karena sudah tersedia Musholla kecil serta kamar mandi umum.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Narmada Botanic Garden, Taman dengan Hamparan Bunga Matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *