June 13, 2024

Desa wisata Bilebante, Lombok Tengah mendapat kepercayaan wakili Indonesia di ajang Best Tourism Village 2023 yang diselenggarakan Organisasi Parisiwata Dunia (UNWTO).

1. Desa Kedua Lombok yang Tembus Internasional

Desa wisata Lombok kembali mendapat kepercayaan mewakili Indonesia di ajang Best Tourism Village 2023. Tahun ini, Desa Wisata Hijau Bilebante, Lombok Tengah, mendapat kepercayaan sebagai desa wisata yang mewakili Indonesia.

Sebelumnya, pada 2022 lalu, Desa Wisata Tetebatu, Lombok Timur juga mendapat kepercayaan untuk mewakili Indonesia di ajang yang sama.

2. Cerita Ketua Pokdarwis Desa Bilebante

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jari Solah Desa Bilebante, Pahrul Azim bangga atas raihan desanya yang dapat mewakili Indonesia dalam ajang tersebut.

“Kami selaku Pokdarwis, Pemerintah, dan juga masyarakat Desa Wisata Hijau Bilebante merasa bangga dan bersemangat mewakili Indonesia dalam ajang ini. Segala persiapan, dari sosialisasi hingga nanti penilaian sudah kami siapkan seluruhnya,” ujarnya kepada wartawan, akhir Juni 2023 lalu.

Pahrul melanjutka, dalam ajang Best Tourism Village, Desa Wisata Hijau Bilebante akan bersaing dengan perwakilan dari berbagai negara di seluruh dunia.

“Dari Indonesia sendiri ada delapan desa wisata yang mewakili Indonesia dan kami salah satunya. Nanti di internasionalnya akan bersaing dengan perwakilan desa wisata berbagai negara. Para juri akan menilai berbagai aspek, termasuk keberlanjutan lingkungan, pelestarian budaya, partisipasi masyarakat, dan inovasi dalam pengembangan pariwisata,” jelasnya.

3. Desa Bilebante Diharapkan Bawa Nama Baik Lombok Tengah

Dengan masuknya Desa Wisata Hijau Bilebante mewakili Indonesia, kata Pahrul, diharapkan mampu membawa nama baik Lombok Tengah di kancah internasional.

“Melalui momen ini, Desa Wisata Bilebante semoga mampu membawa nama baik Lombok Tengah untuk Indonesia di kancah dunia. Serta, pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

4. Alasan Desa Bilebante Wakili Indonesia

Pahrul juga menguraikan, alasan Desa Wisata Hijau Bilebante bisa terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Best Tourism Village UNWTO 2023.

“Pemilihan Desa Wisata Hijau Bilebante didasarkan pada komitmen dan inovasi yang ditunjukkan oleh masyarakat desa dalam membangun dan menjaga keberlanjutan pariwisata,” ungkapnya.

Mulai dari kelestarian alam, tambah Pahrul, yang merupakan prioritas utama dalam pengembangan pariwisata di Desa Wisata Hijau Bilebante. Kemudian, kearifan lokal yang kaya, seperti tradisi pertanian organik, kerajinan tangan tradisional, dan seni pertunjukan daerah.

“Pelibatan masyarakat desa dalam pengambilan keputusan, pelatihan keterampilan, dan pengelolaan usaha pariwisata. Hal inilah yang memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan kesejahteraan penduduk desa,” tuturnya.

5. Best Tourism Village UNWTO

Diketahui, ajang Best Tourism Village merupakan kegiatan setiap tahun yang dilaksanakan Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO). Ajang yang digagas tersebut bertujuan untuk mencari desa percontohan yang mengembangkan dan memberdayakan pariwisata dengan komunitas masyarakat setempat. Serta, melestarikan tradisi serta warisan lokal yang ada.

Melalui ajang ini, UNWTO memilih desa terbaik berdasarkan inovasi dan transformasi pariwisata yang telah dilakukan. Inovasi ini disesuaikan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk memaksimalkan kontribusi desa wisata dan mengurangi kesenjangan di pedesaan.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait desa wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *