June 15, 2024

Desa Sade Lombok merupakan desa tradisional suku asli Pulau Lombok yaitu Suku Sasak. Adat dan kebiasaan Suku Sasak yang mendiami desa ini tetap terjaga hingga kini. Terdapat banyak keunikan yang tidak dapat kamu temukan di tempat lain di Indonesia.

Salah satu hal unik yang dapat langsung terlihat adalah struktur rumah yang terbuat dari kayu dan beratap rumbia. Hal lain yang unik adalah tradisi untuk menculik mempelai wanita sebagai salah satu bagian dari tradisi pernikahan. Selain yang tadi masih terdapat banyak lagi keunikan desa ini, oleh karena itu Yuk ikut kami menjelajahinya!

Tips dan Trik dari Kami Sebelum Kawan Berkunjung Ke Desa Sade Lombok!

1. Lebih ramai lebih seru jika kesini

Ini mungkin hal yang wajar ya, karena kalau beramai-ramai kamu dapat seru-seruan bareng dan terdokumentasi dengan baik. Kamu juga dapat mencoba berlatih menenun dan diabadikan oleh teman kamu, ditambah tempat ini memiliki banyak banget spot yang pas banget buat kamu upload di media sosial kamu.

2. Datang ketika ada pertunjukan Presean

Tidak setiap saat maupun hari pengunjung dapat melihat atraksi budaya ini dimana dua orang pemuda beradu ketangkasan menyerang dan bertahan. Untuk kawan yang tertarik, direkomendasikan untuk datang pada hari minggu untuk melihat atraksi ini.

3. Senantiasa menghargai dan menghormati adat dan warga Desa Sade

Jangan lupa untuk senantiasa menghormati adat setempat dengan menjaga sopan santun, cara berpakaian, dan cara berbicara ya kawan. Serta yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan ya teman-teman dengan membuang sampah pada tempatnya!

4. Beli cinderamata Desa Sade berupa gelang atau kain tenun

Jangan lupa juga untuk membeli cinderamata sebelum pulang seperti kain tenun, pakaian produk tenun, maupun aksesoris. Selain karena produk yang ditawarkan menjadi ciri khas tempat ini, ditambah lagi kawan dapat membantu perekenomian warga desa juga!

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan sudah mengikuti perjalan hingga akhir e-travel magazine kami, semoga informasi yang kami berikan cukup untuk bekal kawan sebelum berkunjung ke Desa ini. Sampai jumpa di E-Magazine kami selanjutnya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Sengigi juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *