June 13, 2024

Desa Wisata Nglanggeran, Indonesia berhasil meraih ‘Best Tourism Village” 2021 dari United Nation World Tourism Organization (UNWTO). Berikut hal-hal bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Desa Nglanggeran.

1. Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran
Sumber: Instagram.com/gunungapirpurba
Desa Nglanggeran terletak di Kecamatan Patu, Gunung Kidul, Yogyakarta, tepatnya di kawasan Gunung Api Purba yang menjadi daya tarik terbesar dari desa wisata ini. Gunung Api Purba sendiri adalah bagian dari Geopark Gunung Sewu yang telah diakui dunia. Jangan lupa untuk lihat berita lain tentang desa wisata indonesia lainnya!

2. Keindahan Gunung Api Purba

Sumber: Instagram.com/satyawinnie
Untuk menikmati kemegahan Gunung Api Purba, wisatawan dapat tracking dengan menaiki 100 anak tangga. Setibanya di atas, ditemani udara yang segar para pengunjung bisa melihat gunung api purba yang membentang luas dengan keunikan bongkahan-bongkahan batu. Pengunjung bisa melihat pemandangan utuh Geosite serta melihat keunikan Kampung Pitu, yakni satu kampung yang hanya boleh diisi oleh 7 orang.

3. Embung Nglanggeran

Sumber: gunungapipurba.com
Terdapat pula objek wisata lain yaitu Embung Nglanggeran. Sesuai dengan namanya, Embung ini merupakan tempat tampungan air seluas 0,34 hektare yang digunakan untuk pengairan kebun warga sekitar. Pemandangan dari Embung Nglanggeran dapat menikmati panorama matahari terbit atau terbenam.

4. Seni dan Budaya Desa Nglanggeran

Sumber: kemenparekraf.go.id
Selain landscape alam yang mempesona, potensi seni dan budaya dari Desa Wisata Nglanggeran juga menarik hati para wisatawan. Terdapat Tarian Reog Nglanggeran, Gejog Lesung, Jathilan, Kenduri, Karawitan, dan Festival Kirab Budaya.

5. Oleh-oleh khas Desa Nglanggeran

Desa Wisata Nglanggeran
Sumber: Instagram.com/griya.cokelat.nglanggeran
Beragam oleh-oleh dapat kamu bawa, mulai dari kerajinan batik topeng, batik tulis motif gunung Api Purba dan cokelat, batik jumputan menggunakan kelereng dan batu, serta batik eco print yang memanfaatkan daun juti, papaya, singkong, dan kenikit. Produk ekonomi kreatif lainnya, ada olahan spa hingga dereta kuliner yang bisa kamu nikmati di Desa Nglanggeran.

Desa Wisata Nglanggeran juga pernah mendapatkan 1st ASEAN CBT Award yang dilaksanaan dalam rangkaian kegiatan tourism forum 2017 dan berhasil masuk ke dalam Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *