June 13, 2024

Desa Wisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memperoleh hasil yang membanggakan pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

1. Desa Wisata Taman Loang Baloq, Kota Mataram – Juara 1 Kategori Suvenir

Kategori Suvenir menunjukkan potensi kreativitas dan hasil karya masyarakat berbasis kearifan lokal yang dapat dijadikan buah tangan untuk kenang-kenangan.

Desa Wisata Taman Loang Baloq berhasil meraih Juara Pertama pada kategori ini dengan beragam suvenir yang dimilikinya. Terdapat suvenir bidang kuliner, yaitu Kacang Mede Jempong yang pengolahannya menggunakan mesin pemecah kacang buatan warga desa.

Terdapat juga suvenir bidang kriya, seperti perhiasan dari mutiara, kreasi cangkang kerang, gerabah, tempat tissue, serta hasil kriya lainnya. Lalu, bidang fesyen seperti kaos dengan desain Taman Loang Baloq, tas, berbagai kreasi tenun modern, dan permainan tradisional.

Selamat ya, Desa Wisata Taman Loang Baloq!

2. Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat – Juara Harapan 2 Desa Wisata Rintisan

Kategori Desa Wisata Rintisan menunjukkan bahwa Desa Wisata masih perlu dikembangkan kedepannya dengan pendampingan dari pemerintah maupun swasta.

Desa Wisata Buwun Sejati belum bisa meraih juara pada kategori ini. Namun, kesegaran air di Taman Wisata Aik Nyet, keindahan hasil tenun masyarakat, dan kenikmatan olahan kuliner yang ada, bisa membawa Desa Buwun Sejati meraih juara harapan 2 dalam kategori ini.

Masih diperlukan inovasi, pengembangan dan pendampingan, sehingga Desa Wisata Buwun Sejati bisa berkembang dan menjadi Destinasi Desa Wisata Unggulan yang lebih baik kedepannya.

Selamat ya, Desa Wisata Buwun Sejati!

3. Apresiasi Kadispar NTB Atas Raihan Desa Wisata NTB

Dilansir dari laman Instagram Dinas Pariwisata Provinsi NTB (@lomboksumbawa.go), Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang diraih oleh 2 Desa Wisata NTB ini pada ajang ADWI 2022.

Alhamdulliah, pada tahun 2022 ini kita memperoleh hasil yang lebih baik lagi, ini adalah bukti sinergi dalam membangun desa wisata. Semoga ini memacu desa wisata lainnya di NTB untuk terus berkembang dan mandiri.

ungkap Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi.

Sekilas Info!

Pada ajang ADWI 2021 lalu, Desa Wisata NTB juga berhasil meraih 3 juara, yaitu:

  • Desa Wisata Sesaot, Lombok Barat – Juara Harapan 1 Kategori CHSE
  • Desa Wisata Senaru, Lombok Utara – Juara Harapan 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung
  • Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah – Juara Harapan 1 Kategori Toilet Umum

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat memberi informasi mengenai perkembangan pariwisata Indonesia. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk selalu cek artikel terbaru kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *