June 16, 2024

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (15/12/2021). Gamelan memiliki nilai sejarah dan filosofi sebagai salah satu pertimbangan yang dilihat oleh Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

1. Gamelan Tidak Hanya Sekedar Instrumen Seni

Gamelan blogkulo dalam Unesco
Sumber: timurrasa.com

UNESCO menemukan bahwa gamelan tidak hanya sebagai instrumen seni, tetapi juga instrumen yang mengajarkan berbagai hal, seperti saling menghormati, mencintai, dan peduli satu sama lain.

2. Warisan Budaya yang Kompleks dan Menarik

Gamelan UNESCO
Sumber: Wikipedia.org/Gender(Musik)

Selain itu, gamelan sering digunakan untuk berbagai acara sakral, seperti upacara atau hajatan. Hal ini menjadikannya sebagai warisan budaya yang lebih kompleks dan menarik dibandingkan dengan warisan budaya lainnya.

3. Pernah Digunakan sebagai Instrumen Diplomasi

Gamelan UNESCO
Sumber: gasbanter.com

Tak hanya sebagai alat musik dan warisan budaya, tapi juga dimanfaatkan sebagai instrumen diplomasi Indonesia sehingga telah dikenal internasional.

4. Penetapan Gamelan sebagai Warisan Dunia Tak Benda oleh UNESCO

gamelan
Sumber: Wikipedia.org/Gamelan Jawa

Penetapan sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO ini diapresiasi oleh Presiden Jokowi (16/12/2021).

“Saya menyambut dengan hangat dan bangga atas penetapan ini. Gamelan sudah lama menjadi bagian dari kehidupan rakyat di berbagai daerah di Indonesia, terus dipelajari, dikembangkan dan diwariskan dari generasi ke generasi. Gamelan juga memberi inspirasi dan pengaruh terhadap musik dunia”.

tulis Jokwi dalam unggahan Instagramnya.

Penetapan sebagai Warisan Budaya Tak Benda juga mampu menjadikan nilai-nilai instrumen penuh sejarah ini dapat diwariskan kepada generasi mendatang, ungkap Nadiem, Mendikbudristek. Mewariskan kebudayaan kepada generasi muda merupakan hal yang penting dilakukan.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui kekayaan negeri ini! Dengan membaca artikel ini kawan turut membantu melestarikan kebudayaan negeri kita ini, yuk bantu sebarkan informasi ini ke kawan-kawan yang lain agar impact yang dihasilkan makin luas. Sekali lagi terimakasih ya kawan!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Jakarta Noodles Map, Peta Kuliner Bagi Pecinta Mi di Ibu Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *