June 15, 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2024 di Jakarta, Senin, (26/2/2024).

1. Gerakan BBI dan BBWI Tingkatkan Permintaan dan Pembelian Produk Dalam Negeri

Saat peluncurkan, Sandiaga menjelaskan, bahwa Presiden Joko Widodo, pada 14 Mei 2020 telah meluncurkan gerakan nasional BBI. Gerakan ini untuk meningkatkan permintaan dan pembelian produk dalam negeri oleh masyarakat dan pemerintah.

“Gerakan BBWI ini targetnya 1,25 miliar-1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Jika dilihat dari data, high spender wisatawan nusantara dengan pengeluarakan mencapai Rp3,8 juta dalam sekali perjalanan, akan sangat mendukung sektor parekraf kita,” ujarnya.

2. Target Peningkatan Ekonomi dan Kunjungan Wisatawan Indonesia 2024

Berdasarkan data, dalam kurun waktu kurang lebih 3,5 tahun (14 Mei 2020-September 2023), terdapat penambahan jumlah UMKM yang onboarding digital. Jumlahnya mencapai 14,9 juta unit dari sebelumnya 8 juta unit.

Hingga saat ini, total UMKM yang onboarding digital telah mencapai 22,9 juta unit atau terjadi peningkatan sebesar 186 persen.

“Pemerintah menargetkan peningkatan pertumbuhan ekonomi berkisar 1,67-1,71 persen dari aksi afirmasi belanja produk dalam negeri. Dengan nilai belanja minimal Rp400 triliun,” jelas Sandiaga.

Pada 2023, lanjutnya, sebanyak 95 persen dari anggaran belanja pemerintah pusat dan daerah untuk produk dalam negeri. 

“Peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi lokal menjadi 1,2 miliar – 1,4 miliar perjalanan,” tambah Sandiaga.

3. BBI dan BBWI Kesempatan UMKM Indonesia Ambil Peluang

Sehingga, aksi afirmasi BBI menjadi kesempatan bagi koperasi dan UMKM untuk mengambil peluang pengembangan usaha.

“Serta, didorong untuk benar-benar memanfaatkan program tersebut dengan sebaik mungkin,” pungkas Sandiaga.

TERIMAKASIH!

Terimakasih sobat telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu sobat dan memilih tempat menghabiskan liburan! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika sobat Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! Jangan lupa untuk cek artikel Travbuck lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *