June 13, 2024

Wisata Gunung Jae yang tidak seperti namanya, tidak memiliki gunung dan tidak ada jahenya. Namun yang ada disini adalah daya tarik destinasi yang jarang sekali ada di Lombok yaitu experience wisata danau. Tempat yang tenang, sepi, dan adem, cocok untuk kamu melarikan diri sejenak dari segala rutinitas. Baca artikel ini hingga akhir ya agar kamu tau tentang keunikan tempat ini!

1. Daya Tarik Wisata Gunung Jae yang Tidak Ditemukan di Bagian Lombok Lainnya

Lombok sejak dahulu sudah terkenal dengan keindahan pantai-pantai birunya, atau air terjunnya yang curam nan indah. Namun pernah ngga sih kamu mendengar wisata danau di Lombok? bahkan warga lokal tidak banyak yang tau tentang lokasi ini. Wisata Gunung Jae merupakan kumpulan air yang berasal dari sungai di sebelahnya yang kemudian berakumulasi dengan tenang.

Area wisata yang membentang seluas kira-kira 20 hektar ini, berada di area yang di kelilingi oleh perbukitan dan persawahan. Kondisi inilah yang membawa suasananya adem ketika kamu berkunjung kesini. Angin dari danau yang sangat sejuk juga akan menerpa kamu meskipun kamu hanya duduk-duduk di pinggirnya.

2. Kisah Dibalik Terbentuknya Wisata Gunung Jae

Wisata Gunung Jae sebelum menjadi destinasi wisata merupakan tempat warga mencari penghidupan yaitu dengan membuka tambang bahan bangunan berupa pasir dan tanah uruk. Banyak warga sekitar yang kemudian beralih profesi dengan adanya spot wisata ini, mulai dari membuka lapak yang menjaja makanan hingga membuka peminjaman kano untuk para pengunjung.

Setelah itu kawasan ini kemudian dikenal sebagai kawasan perkemahan pada umumnya. Namun dalam beberapa waktu ini menjadi lebih banyak menarik wisatawan dan berubah menjadi tempat rekreasi yang telah ditunjang dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

3. Alasan yang membuat kamu harus Short Escape ke Gunung Jae

Menurut mimin, tempat ini merupakan jenis wisata yang jarang banget ada di Lombok. Saat ini, tidak banyak wisatawan yang tau tentang tempat ini, suasana sepi dan tenang serta area luas yang membentang, kamu tinggal memilih sudut danau mana yang ingin kamu ungkapkan dengan lantang segala kegelisahan. Di tengah danau juga boleh, karena warga di tepian tidak akan mendengarnya. Tenang saja, di sini danau mendengarkan semuanya.

4. Keterlibatan Warga Sekitar Dalam Memajukan Wisata Gunung Jae

Wisata Gunung Jae dikelola secara mandiri oleh para Kelompok Pemuda Sadar Desa Wisata. Uang yang didapatkan kemudian dimasukkan semuanya ke kas desa yang kemudian nanti akan disalurkan sebagai biaya perawatan wahana. Banyak warga juga yang berhenti menambang pasir, kemudian beralih profesi dengan meminjamkan perahu meeka kepada para plancong yang datang.

5. Fasilitas yang Tersedia Sangat Lengkap

Fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap, mulai dari tempat duduk berupa berugak/gazebo yang jumlahnya lumayan banyak, musholla yang sangat terbuka dan bersih, kamar mandi dengan jumlah yang sangat cukup, booth-booth makanan dan minuman, dan yang pasti area parkir yang sangat luas.

Keunikan di sini yaitu sobat dapat menyewa kano yang muat hingga 6 orang hanya dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp10.000, sangat murah. Sobat dapat berkeliling tanpa batasan waktu, dari ujung ke ujung danau, tanpa batas. Kedepannya mimin berharap di sini bakal ada bebek-bebekan yang dapat di kayuh, karena seru banget pasti kalau disediakan.

6. Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Berlokasi di Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Jika dihitung dari Kota Mataram, maka jaraknya adalah sekitar 25 km. Harga tiket masuknya standar objek wisata yang ada di Lombok yaitu Rp5.000 saja. Sedangkan untuk jam operasional disini 24 jam, sobat bahkan dapat berkemah dengan biaya sebesar Rp10.000.

Warga sekitar juga membuka penyewaan Tenda. Jika tidak ingin repot-repot menyiapkan segala keperluan camping, tersedia juga paket berkemah yang dapat kamu sewa (sudah termasuk tiket camping, tenda & peralatan, api unggun dan makanan berupa BBQ ikan + Nasi + Jajanan tradisional).

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Kebun Binatang Gembira Loka, Rekreasi Satwa Terbesar Di Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *