June 24, 2024

Dipadati oleh pengunjung pecinta clothing brand lokal, Lombok Clothing Festival (Locofest) 2023 sukses terselenggara di Mataram Mall, pada 6-8 Oktober 2023. Menyajikan belasan tenant clothing brand, Food and Beverages (FnB) dan sejumlah komunitas di NTB, event ini berhasil menarik lebih dari 5.000 total pengunjung.

1. Locofest 2023

Sebagai salah satu event lokal terbesar yang setiap tahun diadakan, Locofest 2023 kembali hadir pada tahun ini. Acara yang berlangsung di parkir depan Mataram Mall ini menyuguhkan tema ‘The Spirit of A Decade‘.

Adapun yang terlibat dalam Locofest 2023 terdiri dari 15 tenant clothing brand, 10 tenant FnB, serta sejumlah komunitas, seperti komunitas BmX, Skateboard, Dance, dan juga Mural.

2. Agar Mataram Mall Kembali Eksis

Lokasi Mataram Mall yang strategis, yaitu berada di jantung Kota Mataram menjadi alasan utama pemilihan tempat ini. Selain itu, pihak penyelenggara juga ingin masyarakat dapat mengunggah kembali kenangan yang dulu tercipta di Mataram Mall.

“Kita bekerja sama dengan semua pihak, agar Mataram Mall ini bisa bangkit. Tenant clothing dan FnB juga bisa bangkit bersama-sama. Supaya Mataram Mall bisa eksis lagi di anak-anak muda”, ungkap Dori, selaku Ketua Pelaksana Locofest 2023.

Dengan terselenggarakannya Locofest di Mataram Mall, seluruh pihak berharap acara ini dapat memberikan dampak positif bagi Mataram Mall.

3. Loco Talk Perdana Dilaksanakan Secara Langsung

Jika pada tahun-tahun sebelumnya Loco Talk ditayangkan melalui media sosial Locofest seperti Yotube dan Instagram, di tahun 2023 ini Loco Talk pertama kali diselenggarakan secara langsung di tengah-tengah venue acara.

Loco Talk dilangsungkan pada hari kedua dan ketiga kegiatan. Hari kedua, tanggal 7 Oktober 2023 pemateri berasal dari Dinas Perindustrian Provinsi NTB dan dari Bank NTB Syariah yang membahas Manajemen Keuangan Dalam Bisnis, Lejitkan Daya Saing dan Manajemen Bisnis.

Hari ketiga, 8 Oktober 2023 diskusi disampaikan oleh Gubernur NTB periode 2018-2023, Dr. H. Zulkieflimansyah, S. E., M.Sc. dengan tajuk “Pembisnis Muda di NTB”.

4. Tembus 5.000 Pengunjung Di Hari Pertama

Dengan tingginya antusiasme serta minat masyarakat NTB terkait brand pakaian lokal yang terbukti dari padatnya parkir Mataram Mall selama acara berlangsung, tercatat ribuan pengunjung hadir.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Dori kalau target pengunjungnya mencapai 5.000 orang. “Kita targetnya 5.000 pengunjung selama tiga hari ini. Alhamdulillah di hari pertama itu sudah tercapai dengan antusiasme pengunjung yang begitu luar biasa,” lanjutnya.

Brand lokal pun memiliki peran penting dalam roda perekonomian Indonesia, terutama bagi pengusaha dari Nusa Tenggara Barat. Hal ini diungkapkan juga oleh Gubernur NTB periode 2018-2023, Zulkieflimansyah, ketika sesi Loco Talk berlangsung.

“Saya berharap bahwa industri ataupun bisnis yang dijalankan oleh anak muda di NTB dapat meningkatkan SDM. Contohnya seperti manajemen bisnis, manajemen keuangan, mencari relasi bagi bisnis yang dijalani agar dapat meningkatkan ekonomi untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” jelasnya.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang ada menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel Travbuck lainnya, Lombok Weekly Market 2023 Konsep All In One Konser Dan UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *