June 15, 2024

Indonesia resmi menjadi tuan rumah World Tourism Day 2022 atau Hari Pariwisata Dunia 2022. Keputusan itu ditetapkan pada Sidang Majelis Umum ke-24 Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) pada 30 November-3 Desember 2021 di Madrid.

1. Tuan Rumah World Tourism Day 2022

  • World Tourism Day 2022
  • World Tourism Day 2022
  • World Tourism Day 2022

Hari Pariwisata Dunia di Indonesia akan diadakan di Bali pada 27 September 2022 mendatang dengan tema “Rethinking Tourism”.

Hal ini dapat menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata Bali yang terpuruk sejak pandemi.

Selain itu, Bali juga sudah dikenal di mata dunia, tidak hanya sebagai destinasi yang dikunjungi oleh wisatawan mancangera tetapi juga menjadi tempat penyelenggaraan beberapa jenis atau tingkat pertemuan internasional.

Terpilihnya Bali menjadi lokasi World Tourism Day 2022 di Indonesia menambah kepercayaan juga sebagai lokasi puncak Pertemuan KTT G-20 pada tahun 2022 dengan Indonesia menjadi presidensi.

2. Topik Pembahasan Sidang Majelis Umum UNWTO 2021

Dalam Sidang Majelis Umum kemarin, negara-negara anggota sepakat bahwa pariwisata adalah pilar pembangunan yang menyerap banyak lapangan kerja, inklusif, dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, percepatan pemulihan pariwisata dunia pasca pandemi Covid-19 harus terus dilakukan, salah satunya dengan mengupayakan ketersediaan vaksin.

Indonesia sebagai salah satu anggota UNWTO sejak tahun 1975 memiliki kepentingan besar untuk memajukan agenda-agenda pariwisata global, terutama pemulihan pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Dalam pertemuan, Indonesia memberikan perhatian terhadap dampak pandemi bagi pekerja pariwisata, utamanya perempuan. Dalam hal ini, Indonesia telah merancang berbagai program untuk mendukung pekerja perempuan di masa pandemi.

3. Mengenal Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO)

Sidang Majelis Umum UNWTO merupakan pertemuan dua tahunan negara-negara anggota UNWTO untuk membahas kebijakan pariwisata dunia.

UNWTO sendiri adalah badan PBB yang memiliki kewenangan dalam mempromosikan pariwisata yang bertanggung jawab, berkelanjutan dan universally accessible.

Saat ini UNWTO memiliki 160 negara anggota, 6 associate members, 504 affiliate members dan 2 observers (Tahta Suci Vatikan dan Palestina). Indonesia telah menjadi anggota UNWTO sejak tahun 1975.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Tiga Desa Wisata NTB Raih Juara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *