June 16, 2024

Puncak perayaan hari raya Waisak 2568 BE berlangsung hari ini, Kamis, 23 Mei 2024. Ribuan umat Buddha dari Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya akan berkumpul merayakannya di Candi Borobudur, Jawa Tengah.

1. Rangkaian Kegiatan Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Hari ini, Kamis, 23 Mei 2024 merupakan acara puncak perayaan Waisak 2568 BE. Kegiatan akan dibuka dengan acara Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur.

Dilanjutngan dengan peringatan detik-detik Waisak. Kemudian, pradaksina Candi Borobudur, dan pelepasan lampion.

Chief Marketing Officer InJourney, Maya Watono menyampaikan, perayaan Waisak yang jatuh pada masa long weekend ini diyakini mampu menarik kedatangan wisatawan ke kawasan Borobudur. Sehingga, banyak persiapan yang telah pihaknya lakukan untuk menyambut perayaan ini.

“Kami juga mempersiapkan pelepasan 2.560 lampion pada detik Waisak ini bersamaan dengan tahun Waisak 2568. Serta, ekspektasinya ada doa bersama sekitar 8.000 umat di Candi Borobudur dari atas sampai ke Marga utama Candi Borobudur,” ujarnya dikutip dari keteragan resmi Kemenprarekraf, Rabu, 22 Mei 2024.

2. Wisatawan Bisa Ikuti Perayaan Waisak Secara Langsung

Maya juga memastikan, bahwa rangkaian acara persayaan Waisak di Candi Borobudur terbuka untuk umum.

“Kami berharap masyarakat mendapatkan pengalaman spiritual yang mengesankan dengan menyaksikan perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur,” harapnya.

Berdasarkan perhitungan dan analisis yang dilakukan Kemenparekraf, diprakirkan akan ada 300.000 wisatawan yang hadir dalam puncak perayaan Waisak. Kunjungan wisawatan tersebut berasal dari nusantara maupun mancanegara.

3. Cara Wisatawan Bisa Ikuti Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Untuk mengikuti rangkaian perayaan Waisak 2024, wisatawan hanya perlu membeli tiket masuk ke Candi Borobudur.

Menurut laman resmi InJourney, tiket masuk Pelataran Candi Borobudur untuk dewasa sebesar Rp50.000. Wisatawan bisa membeli tiket melalui laman ticket.borobudurpark.com.

4. Wisatawan Diminta Ikuti Ketentuan

Selain itu, wisatawan juga diharuskan mengikuti ketentuan yang berlaku khusus pada acara ini. Ketentuan tersebut di antaranya, tidak membawa makanan dan minuman dari luar ke area pelepasan lampion, tidak merokok, menerbangkan drone tanpa izin. Serta, mengambil foto terlalu dekat dan tanpa izin ke arah Bhikkhu yang sedang beribadah.

Wisatwan yang hadir diminta untuk menggunakan pakaian yang sopan dan berwarna putih dan menjaga ketenangan selama prosesi perayaan berlangsung.

5. Jam Buka Candi Borobudur

Untuk jam buka Candi Borobudur dilakukan penyesuaian. Sebab, salah satu candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah tersebut merupakan kuilh Buddha terbesar di dunia.

Wisatawan reguler yang datang akan tetap dilayani sejak pukul 06.30 WIB. Wisatawan juga tetap bisa melakukan kunjungan naik struktur Candi Borobudur yang dibuka sampai sesi 4 atau sampai pukul 11.30 WIB saja.

Sementara, pembatasan batas waktu kunjungan naik struktur Candi Borobudur pada pukul 13.00 WIB. Pembatasan akses kunjungan reguler di pelataran Candi Borobudur dilakukan mulai pukul 12.30 WIB.

Wisatawan yang datang pukul 13.00 – 17.00, hanya dapat mengunjungi area Taman Wisata Candi Borobudur. 

TERIMAKASIH!

Terimakasih sobat telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu sobat dan memilih tempat menghabiskan liburan! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika sobat Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! Jangan lupa untuk cek artikel Travbuck lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *