June 15, 2024

JPO atau Jembatan Penyeberangan Orang merupakan fasilitas yang dibangun bagi pejalan kaki untuk menyebrangi jalanan yang lebar. Kini khususnya di Jakarta dirancang kian menarik hingga bahkan membuat warga mengunjunginya bak tempat wisata. Mau tau Jembatan mana aja yang wajib kamu kunjungi di Jakarta? Simak artikel ini hingga selesai.

1. JPO Lebak Bulus Samping Poins Square

Jembatan ini sangat asing di telinga warga jakarta karena tampilannya yang sama saja dengan jembatan kebanyakan. Namun jembatan ini sangatlah populer dan senantiasa dicari-cari lokasinya oleh para fotografer. Spot ini dengan angle yang tepat akan sangat terlihat sangat mirip seperti jembatan penyeberangan di Jepang. Oleh karenanya banyak fotografer yang melakukan photo shoot couple atau prewedding di sini dengan harapan menghasilkan nuasanya “Night in Japan“.

2. JPO Cakra Selaras Wahana (CSW) ASEAN

Jembatan layang ini sangat kompleks desainnya dengan mengintegrasikan moda transportasi TransJakarta dan MRT. Desainnya sendiri berbentuk lingkaran karena lokasinya yang berada di tengah perempatan. Saat malam hari Jembatan ini dihiasi oleh lampu warna-warni. Jembatan ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk street photography atau hanya untuk story.

3. JPO Pinisi

Diresmikan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Maret 2022. Menjadikannya jembatan ini menjadi jembatan dengan desain unik terbaru. Dibangun dengan bentuk menyerupai Kapal Pinisi sebagai representasi alat transportasi nusantara.

Selain itu juga, jembatan ini merupakan monumen untuk mengingat jasa para tenaga kesehatan yang gugur selama masa pandemi. Sobat dapat melihat monumennya di bagian atas tengah pada anjungan dari jembatan ini.

4. JPO Sudirman Tanpa Atap

Jembatan ini menjadi yang paling populer bagi para fotografer atau warga yang ingin menikmati pemadangan cityscape tapi halangan. Pemandangan yang tampak di sini sangatlah spektakuler, terutama saat malam hari. Lampu-lampu jalan, gedung-gedung tinggi yang menembus langit serta lampu-lampu kantor yang masih menyala di kejauhan. Sayang banget kalau kesini ngga fotoan dengan background seindah ini.

5. JPO Gelora Bung Karno

Terintegrasi dengan halte Gelora Bung Karno, dan berada persis di depan area GBK. Jembatan ini yang paling dikenal oleh warga Jakarta dan kerap dijadikan lokasi untuk shooting film karena sudah menjadi ikon Kota Jakarta. Pada malam hari, jembatan ini akan berubah warna setiap waktunya. Membuatnya terlihat indah dari luar dan lebih indah saat kamu melihat perubahan warna-warni itu dari dalam.

6. JPO Polda Metro Jaya

Berlokasi di depan Kantor Polda Metro Jaya dengan desain yang menyerupai jembatan penyeberangan di senayan dan GBK. Desain yang modern dan artistik dengan cincin yang jembatan menjadi ciri khasnya. Umumnya mimin kesini jika ingin menikmati malamnya Jakarta namun jembatan di depan GBK ramai dengan orang. Disini relatif lebih sepi dengan keindahan jembatan yang tidak beda dengan yang di GBK.

7. Jembatan Penyeberangan Tapal Kuda, Lenteng Agung

Dibangun diantara dua putar balik jalur flyover. Jembatan penyeberangan ini berbentuk sangat artistik dengan permainan lampu warna-warni pada atap melengkup yang sangat menakjubkan. Dengan rel kereta di bawahnya kamu dapat melihat dua arus transportasi dari satu spot, sungguh indah.

8. Jembatan Penyeberangan Sumarno, Penggilingan

Dari tadi kita banyak membahas jembatan penyeberangan orang yang berada di Jakarta Pusat, spot selanjutnya berada di Jakarta Timur di Penggilingan Cakung. Berada persis di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Jembatan ini lebih indah pada malam hari karena dihiasi dengan lampu LED berbagai warna. Jembatan ini juga sangat ramah bagi penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil karena sudah dilengkapi dengan lift.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi semua Jembatan yang disebutkan diatas tadi. Jangan lupa jika berkunjung di malam hari untuk senantiasa waspada akan sekitar. Kalau begitu sekian dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Kota Tua Jakarta, Edukasi Sejarah Sambil Liburan Asik Bareng Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *