June 15, 2024

Sebagai salah satu icon event besar yang berkontribusi bagi industri kreatif dan bangkitnya perekonomian Nusa Tenggara Barat, Locofest 2022 menjadi salah satu bukti pergerakan anak muda kreatif di Nusa Tenggara Barat. Tahun ini Locofest kembali hadir dengan tema Locofest 2022: Volume 9.

1. Locofest 2022: Volume 9

Lombok Clothing Festival atau Locofest merupakan acara tahunan dari Lombok Clothing Community yang telah diadakan sejak tahun 2012. Festival ini diadakan dalam rangka melestarikan brand lokal di Nusa Tenggara Barat dan menumbuhkan kepedulian pemuda NTB dalam pengembangan produk lokal.

Locofest 2022: Volume 9 telah sukses dilaksanakan pada tanggal 23-25 Desember 2022 di Narmada Convention Hall, Kota Mataram. Menghadirkan lebih dari 20 clothing brand lokal dan 15 Food and Beverage dengan diskon produk sampai 50%, 30 bintang tamu, hingga berbagai kegiatan lain dari komunitas-komunitas yang ada di Lombok.

2. Kemeriahan Locofest 2022

Mengusung konsep berbeda dari kegiatan di tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini Locofest mengangkat konsep yang lebih fresh dan menarik. Lebih dari 20 clothing brand lokal di NTB berlomba-lomba menarik perhatian pengunjung untuk berbelanja ke tenant mereka.

Strategi yang dilakukan adalah menghias tenant mereka dengan semenarik mungkin dan memberikan diskon sampai dengan 50%. Beberapa brand juga sengaja menyediakan games yang bisa dicoba pengunjung untuk mendapatkan hadiah berupa produk eksklusif dari brand tersebut.

“Terdapat games yang berbeda setiap harinya sebagai bentuk dari strategi marketing untuk para pengunjung supaya tertarik mengunjungi tenant. Para pengunjung juga dapat merasakan euforia dari acara ini, bukan hanya sekedar membeli.” Ungkap Dirgantara, selaku kru dari brand Lucky Light Candy.

3. Rangkaian Kegiatan Di Locofest 2022

Selain berfokus pada clothing brand lokal di Nusa Tenggara Barat, Locofest 2022 juga menyediakan beragam keseruan lain. Tersedia tenant Food and Beverage, hiburan musik dari beragam band ternama di Pulau Lombok, serta komunitas-komunitas skateboard dan BMX.

Diselenggarakannya festival ini juga menjadi ajang bagi clothing brand lokal, Food and Beverages serta komunitas yang hadir untuk meningkatkan branding mereka. Seluruh tenant dan komunitas berupaya untuk memperkenalkan serta mengedukasi brand dan komunitas mereka kepada khalayak ramai sehingga terjalin adanya take and give antara pengunjung dan juga tenant dan komunitas.

4.  Dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah berkesempatan hadir pada pembukaan Locofest 2022: Volume 9 pada tanggal (22/12/22). Pada kesempatan ini Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

Lebih lanjut lagi, apresiasi juga disampaikan kepada para brand clothing lokal yang mengikuti Locofest 2022. “Saya hampir tidak percaya produk-produk dengan kualitas tinggi dengan tampilan yang sesuai dengan selera kekinian ternyata diinisiasi dan hasilkan oleh putra putri terbaik Nusa Tenggara Barat.” Ungkapnya setelah melihat berbagai produk yang ditampilkan oleh para tenant.

5. Kendala Selama Berlangsungnya Acara

Meskipun terbilang sukses dan mengusung konsep yang tidak kalah keren dari Locofest tahun-tahun sebelumnya, festival tahun ini masih terkendala oleh beberapa hal. Karena beberapa hal tersebut, acara Talk Show dan Live Podcast yang telah direncanakan sebelumnya tidak bisa terlaksana.

Namun, salah satu kendala utama yang dihadapi saat pelaksanaan kegiatan adalah faktor cuaca. Hal ini juga turut disampaikan oleh salah satu panitia yaitu Dori.

“Tahun ini kita memperkenalkan lokasi yang baru dengan konsep yang baru. Tetapi karena beberapa kendala terutama cuaca, jadi konsep-konsep yang sudah kita susun terpaksa harus diubah di hari-H. Itu sih kendalanya, cuaca.” Ungkapnya pada saat diwawancarai oleh Tim Travbuck.

6. Harapan Untuk Locofest Selanjutnya

Dengan hadirnya event yang mengangkat sektor industri kreatif seperti ini, diharapkan adanya Locofest 2022 dapat memberikan peluang baik bagi beberapa sektor. Sektor tersebut meliputi sektor bergerak di bidang kain, sablon, plastik, dan juga pertokoan. Selain itu, besar harapan dari para tenant agar Locofest bisa tetap terselenggara setiap tahunnya dengan kegiatan-kegiatan yang lebih menarik.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menginspirasi dan turut mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Festival Lokal Terbesar Tahun Ini: Locofest 2022!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *