June 16, 2024

Ajang MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022. Berbagai bentuk kesiapan telah dilakukan, mulai dari segi akomodasi, transportasi, infrastruktur hingga keamanan. Lantas, sudah sejauh mana persiapan yang telah dilakukan untuk menyambut ajang MotoGP Mandalika Maret 2020 mendatang? Berikut beberapa informasi yang telah kami rangkum.

1. Kemenparekraf Siapkan Akomodasi dan Transportasi Jelang MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022
Sumber: Kemenparekraf.go.id

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memastikan kesiapan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, salah satunya dengan mengecek akomodasi selama penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia akan berlangsung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan, bahwa saat ini jumlah ketersediaan kamar di Nusa Tenggara Barat mencapai 24 ribu.

Jumlah kamar ini akan terus bertambah guna mengantisipasi antusiasme wisatawan yang akan menghadiri penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia pada Maret 2022. Pemerintah telah menetapkan bahwa kapasitas jumlah penonton sebanyak 100 ribu.

Selain homestay san sarana hunian pariwisata (sarhunta), akomodasi berupa glamping dan rusunawa juga akan disiapkan untuk menjadi opsi atau alternatif untuk para wisatawan.

Selain menambah jumlah kamar yang disediakan, penentuan harga dengan tarif batas atas dan batas bawah juga akan segera ditetapkan untuk mencegah terjadinya praktik-praktik kecurangan di lapangan. Tidak hanya untuk sektor akomodasi, tetapi juga transportasi.

2. Korlantas Polri Cek Kesiapan Personel Sampai Unit Kendaraan PJR

MotoGP Mandalika 2022
Sumber: Dok Korlantas Polri

Berbagai kesiapan MotoGP Mandalika 2022 telah dilakukan oleh banyak pihak, salah satunya adalah Korlantas Polri. 

Pihak Polri telah melakukan pengecekan kesiapan kendaraan roda dua Patroli Jalan Raya (PJR). Selain guna mempersiapkan MotoGP Mandalika 2022, hal ini juga dilakukan dalam rangka menyambut Presidensi G20.

Personel akan dikerahkan untuk membantu pengamanan di dua acara besar tersebut, sesuai dengan permintaan dari dua Polda, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali. Hal tersebut disampaikan oleh Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Aan Suhanan.

3. Kesiapan Infrastruktur Penunjang MotoGP Mandalika 2022 Segera Rampung

MotoGP Mandalika 2022
Sumber: Dok MGPA

Selain dari segi akomodasi-transportasi dan keamanan, pemerintah juga terus merampungkan kesiapan pembangunan infrastruktur pendukung untuk ajang MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Barat mengatakan bahwa pekerjaan tersebut dapat dipastikan sudah selesai sebelum tanggal 18-20 Maret mendatang.

Saat ini, sedang dilaksanakan pelebaran jalan di depan pintu masuk menuju area Sirkuit Mandalika dengan panjang 5,3 kilometer. Di sepanjang tepi jalan Bypass BIL-Mandalika juga tengah dilakukan pekerjaan penanaman rumput yang mempekerjakan warga lokal.

Pengendalian banjir juga dilakukan di dalam dan luar lokasi sirkuit. Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya genangan yang dapat mengganggu di sekitar lokasi sirkuit.

Tidak hanya itu, proses pengelupasan aspal sirkuit Mandalika juga sudah dimulai usai dilangsungkannya sesi tes MotoGP Mandalika pada tanggal 11-13 Februari lalu. Kondisi aspal sirkuit ini menjadi keluhan utama pembalap MotoGP. Beberapa rider mengatakan bahwa material yang ada di lapisan aspal mudah terlepas, sehingga sangat berbahaya bagi rider MotoGP yang berada dalam kecepatan tinggi.

Proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika ini dilakukan oleh tim PT. Pembangunan Perumahan (PP). PT. PP akan didampingi oleh konsultan yang telah ditunjuk ITDC selaku pemilik sirkuit, dan MGPA selaku promotor MotoGP Indonesia 2022.

4. Ratusan Marshal Siap Kawal Ajang MotoGP Mandalika 2022

MotoGP Mandalika 2022
Sumber: Dok Antara foto

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor MotoGP 2020 menyediakan sebanyak 470 orang marshal yang siap bertugas untuk kesiapan MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang. Hal ini disampaikan oleh perwakilan MGPA, M Wahab S.

Jumlah marshal yang bergabung pada MotoGP 198 orang di antaranya merupakan eks marshal pada WorldSBK 2021. Dari 198 marshal tersebut, 95% berasal asli dari Lombok.

Selain memanggil para marshal yang bertugas di WorldSBK 2021, MGPA juga merekrut marshal tambahan. Perekrutan ini melibatkan komunitas otomotif di Lombok, serta para pemuda karang taruna di banyak desa dan kecamatan yang ada di sekitar wilayah Mandalika. Para marshal ini juga sudah mulai melakukan pelatihan.

Menurut Wahab, saat ini jumlah marshal yang siap dipakai adalah sebanyak 470 orang. 470 marshal ini terdiri dari 85-90% masyarakat Lombok, sekitar 70 anggota Brimob yang difungsikan sebagai radiomen, dan 20-30 anggota Basarnas yang juga menjadi radiomen.

Beberapa marshal sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat, namun belum mencapai sertifikat bertaraf Internasional. Karenanya, MGPA juga mengundang marshal yang biasanya bertugas di Sirkuit Sepang, Malaysia, demi keberlangsungan acara.

5. Patung Jokowi Segera Dipasang di Sirkuit Mandalika

MotoGP Mandalika 2022
Sumber: Dok Antara foto

Patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi ikon Sirkuit Mandalika akan segera dipasang jelang MotoGP Mandalika 2022.

Hasil karya seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta. Patung itu terbuat dari bahan dasar kuningan dan tembaga, serta struktur besi anti karat.

Patung Presiden RI tersebut telah tiba di Lombok pada Rabu (23/2). Konstruksi untuk pemasangan patung Jokowi yang akan terletak di dekat pintu masuk utama Sirkuit Mandalika juga akan segera rampung.

Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho menyatakan bahwa patung Jokowi tersebut tiba di Lombok melalui pelabuhan Lembar dengan menggunakan KMP Jambo X dari Pelabuhan Banyuwangi.

Pengerjaan proyek konstruksi dan pemasangan patung presiden itu telah ditargetkan tuntas sebelum ajang MotoGP Mandalika berlangsung pada Maret mendatang. Sejumlah pekerja dan alat berat dikerahkan untuk penyelesaian pemasangan patung tersebut.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kawan dalam membeli tiket MotoGP di Sirkuit Mandalika! buruan beli ya sebelum sold out.

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Info Harga – Tempat Pembelian Tiket MotoGP Mandalika 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *