June 15, 2024

Mahasiswa KKN Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Universitas Mataram (Unram) periode 2023/2024 sukses melaksanakan sosialisasi digital marketing, desain packaging, dan perizinan produk bagi UMKM Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada Rabu, 31 Januari 2024 di aula Kantor Desa Lembar Selatan.

1. Tingkatkan Potensi UMKM Desa Lembar Selatan

Sosialiasi tersebut dilaksanakan mahasiswa KKN PMD Unram, karena melihat banyaknya potensi dari mitra UMKM di Desa Lembar Selatan.

Melihat potensi mitra UMKM, maka KKN Desa Lembar Selatan menetapkan target sasaran untuk kegiatan ini adalah seluruh pelaku UMKM yang ada di Desa Lembar Selatan.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan dalam mengembangkan UMKM yang sedang dijalankan oleh masyarakat Desa Lembar Selatan.

Dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat Desa Lembar Selatan, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat selaku pelaku UMKM Desa Lembar Selatan.

2. Berkolaborasi dengan Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian Provinsi NTB

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pihak Pj Kepala Desa yang diwakili oleh Asrok selaku Sekretaris Desa Lembar Selatan.

KKN PMD Unram turut menggandeng Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian Provinsi NTB sebagai narasumber. Para narasumber yang terlibat, yaitu Dico Muhammad, S.Tr. IP, Wiwin Aprianditra, S.TP., M.Sc dan Rizky Aditya Pratama.

Sasaran sosialisasi ini adalah para pelaku UMKM yang ada di Desa Lembar Selatan. Melalui kegiatan ini, diharapkan UMKM tersebut dapat meningkatkan kualitas, serta memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan usaha mereka, terutama dalam hal digital marketing, desain packaging, dan perizinan produk.

3. Apresiasi Pihak Desa Lembar Selatan

Dalam sambutannya, Asrok mengapresiasi kegiatan sosialisasi kepada para UMKM yang dilaksanakan mahasiswa KKN PMD Unram Desa Lembar Selatan.

“Kami sudah berencana melakukan program sosialisasi untuk UMKM, namun belum terlaksana. Tetapi alhamdulillah dengan adanya mahasiswa KKN Desa Lembar Selatan dapat terwujud,” katanya.

Asrok pun berharap dengan adanya sosialisasinya, para UMKM di Desa Lembar Selatan dapat naik kelas. “Harapannya setelah sosialisasi ini, para pelaku UMKM dapat menerapkan dan meningkatkan produk UMKM mereka melalui digital marketing, desain packaging dan perizinan produk,” harapnya.

4. Kemasan Menarik Sebelum Produk Dipasarkan

Menurut salah satu narasumber, Dico Muhammad, sebelum membahas packaging produk, hal mendasar yang harus dipahami, yaitu terkait kemasan yang menarik dari produk yang akan dipasarkan.

“Kemasan produk menentukan tempat pemasaran dan target pemasaran. Di samping itu, kemasan produk harus dilengkapi dengan unsur-unsur pada kemasan sesuai dengan standar yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Rizky Aditya Pratama juga menambahkan pentingnya desain packaging kemasan dengan model yang kekinian. Pihaknya pun siap memfasilitasi jasa pelayanan desain kemasan secara gratis.

“Pihak Balai Kemasan Daerah Provinsi NTB memfasilitasi jasa pelayanan bagi produk UMKM yang belum memiliki desain produk kemasan, tanpa adanya tarif biaya alias gratis,” jelasnya.

5. UMKM Diingatkan Pentingnya Branding dan Digital Marketing

Wiwin Aprianditra, S.TP., M.Sc., selaku narasumber memaparkan pentingnya digital marketing bagi UMKM dalam melakukan pemasaran produk.

Branding sangat penting dalam tahap digital marketing untuk produk, sehingga dapat melindungi produk dari pesaing dengan produk yang serupa. Salah satu kelebihan digital marketing, yaitu mempunyai pangsa pasar yang luas serta lebih efektif dan efisien dari segi biaya,” ujarnya.

Di penghujung acara, peserta sosialisasi UMKM ini melakukan pengisian data terkait UMKM yang dijalankan. Data tersebut nantinya akan direkap dan jika ada kesempatan lain akan dibantu untuk mendesain kemasan dan digital marketing serta perizinan usaha.

Untuk mengikuti kegiatan sosialisasi maupun program kerja lain yang dilaksanakan oleh KKN PMD Unram Desa Lembar Selatan, dapat dilihat melalui Instagram KKN Desa Lembar Selatan.

TERIMAKASIH!

Terimakasih sobat telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu sobat dan memilih tempat menghabiskan liburan! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika sobat Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! Jangan lupa untuk cek artikel Travbuck lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *