June 15, 2024

Dukung peningkatan pelaku industri ekonomi kreatif di Lombok, acara Lombok Weekly Market 2023 hadir dengan konsep All-in-one. Acara ini menghadirkan berbagai bentuk kegiatan di dalamnya, seperti konser musik, bazar UMKM dan Talk Show.

1. Konsep All-In-One Konser, Bazar UMKM dan Talk Show

Lombok Weekly Market merupakan sebuah acara yang mengusung konsep all-in-one. Acara ini diisi oleh berbagai bentuk kegiatan mulai dari Bazar UMKM, Creative Market, Pop Up Market, Creative Talks, dan Music Experience. 

Acara ini memiliki tujuan untuk menciptakan beragam interaksi serta aktivitas dalam satu acara di dalamnya dengan lebih dekat. Terlaksana di Ex-Bandara Selaparang, acara ini telah berlangsung dari tanggal 22, 23 hingga 24 September 2023.

2. Bazar UMKM Lokal

Berbagai UMKM juga turut memeriahkan acara Lombok Weekly Market. Mulai dari tenant makanan dan minuman seperti Rota Fresh, Mirasa Toast, Es Teh Indonesia hingga tenant pakaian seperti Lapak Thrift 1418 dan sebagainya ikut meramaikan acara ini.

Beberapa tenant menyampaikan respon positifnya terhadap acara ini karena bisa membantu untuk menaikkan UMKM khususnya yang ada di Lombok.

“Ada keinginan untuk ikut partisipasi, karena untuk mengangkat UMKM juga, selama kegiatannya positif dan untuk mencari relasi juga. Semoga tahun selanjutnya bisa lebih meriah lagi,” ujar Anastasia owner Mirasa Toast.

3. Menghadirkan Konser Music Experience

Beberapa musisi Ibu Kota dan musisi lokal ikut meramaikan acara Lombok Weekly Market 2023. Di hari pertama diisi dengan The Changcuters, Aldi Taher. Di hari kedua Kotak Band, dan ditutup di hari terakhir oleh Club Dangdut 

“Tertarik karena ingin melihat The Changcuters, selain itu juga banyak pilihan makanan yang bisa dilihat jadi nggak bosen,” ujar Sesil yang merupakan salah satu pengunjung.

4. Dukungan Positif Kemenparekraf

Lombok Weekly Market mendapat sambutan baik dari Kemenparekraf. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyampaikan, dukungannya kepada Lombok Creative Hub yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Saya berikan apresiasi kepada Lombok Creative Hub atas terselenggaranya kegiatan Lombok Weekly Market 2023 dengan tema Creative Young Preneur Lombok with Digital Branding. Semoga program ini dapat terus memberikan dampak positif dan terus menjadi wadah edukasi bagi pelaku ekonomi kreatif yang ada di pulau Lombok Matur Agung Tampiasih dan selamat, semoga semua bisa dapat naik kelas,” ujar Sandiaga Uno melalui video.

5. Creative Talk Show

Terdapat tiga Talk Show yang terlaksana di hari terakhir acara pada 24 September 2023. Creative Talk ini mendatangkan beberapa pembicara dari bidang Industri Kreatif di NTB. Talk Show pertama dari Kejar Mimpi Mataram, Talk Show kedua dari Switch On Creative Agency dan Talk Show ketiga dari Lombok Influencer.

Tema yang diangkat pada Creative Talk Show adalah mengenai Membangun Creative Enterpreneur di Era Digital, Generasi Milennial Menjadi Kreatif dan Inovatif di Era Digital, dan Branding atau Selling dulu?.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang ada menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel Travbuck lainnya, Senggigi Sunset Jazz Jadi Event Paling Ditunggu Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *