June 13, 2024

Detatar Vintage berhasil menampilkan nuansa tradisional, mulai dari cita rasa makanan sampai suasana yang memberikan kesan vintage dan klasik. Berlokasi di area pesawahan, resto ini bisa menjadi pilihan pengunjung yang ingin berkuliner sambil menikmati hamparan sawah.

1. Detatar Vintage

Dibuka sejak tanggal 5 November 2023, Detatar Vintage langsung mendapatkan perhatian yang tinggi dari para penikmat kuliner Pulau Lombok.

Berkonsep eco resto, tempat ini menonjolkan konsep vintage, alam dan juga budaya NTB.

Nama “Detatar” diambil dari lokasi resto ini, yaitu Dusun Tatar, Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada. Kemudian ditambahkan kata ‘de’ agar memberikan kesan kekinian.

Untuk memudahkan Sobat yang ingin berkunjung, bisa dilihat pada aplikasi Google Maps.

2. Rasa Bernostalgia di Detatar Vintage

Detatar Vintage memberikan atmosfer vintage yang bisa dirasakan pengunjung, mulai dari makanan bahkan sampai suasananya.

“Suasana yang kami ciptakan di sini mengembalikan memori ke zaman dulu sebagai pembelajaran kepada generasi sekarang dan agar tidak punah”, ungkap Moenindra Yoga atau akrab disapa Hendro selaku salah satu founder dari resto ini.

Suasana atau atmosfer vintage yang ingin disampaikan terlihat pada berbagai aksesoris dan bangunan yang merupakan wujud tempo dulu.

3. Cita Rasa Menu Masakan Tradisional

Sebagai seorang chef dengan standarisasi hotel, Hadi Alkhaf selaku chef Detatar Vintage memiliki keinginan agar masakan-masakan tradisional pulau Lombok bisa go international.

Masakan tradisional yang harus dicicipi adalah Empol dan Ares. Empol sendiri merupakan masakan yang berbahan dasar batang pohon kelapa yang masih muda. Sementara, Ares merupakan masakan yang diolah dari batang pohon pisang muda.

Selain itu, tersedia juga menu modern yang merupakan kolaborasi antara cita rasa masakan Indonesia dengan Cina. Menu modern tersebut salah satunya ialah Sapi Lada Hitam, Kwetiau, Nasi Goreng Kambing, dan Capcay Seafood.

4. Fasilitas yang Tersedia

Beragam fasilitas yang disediakan pihak resto terdiri dari Mushola, Toilet, Tempat Parkir, Ayunan, dan juga Dine In Area.

Tempat Dine In Area terbagi menjadi beberapa jenis sesuai kapasitas pengunjung yang datang. Mulai dari 2-3 orang, 10 orang, dan yang paling besar dengan kapasitas 25 orang.

5. Beragam “Bale” di Detatar

Kesan tradisional dan vintage juga tersemat dalam penamaan dari bangunan resto yang menggunakan Bahasa Sasak.

  • Bale panggung, yaitu panggung untuk bermain musik.
  • Bale puring, artinya pouring atau menuangkan minuman.
  • Bale sangkep, tempat rapat yang diambil dari bahasa Sasak. Sangkep memiliki makna “rapat”.
  • Bale Beleq, artinya Bale yang besar.
  • Sekepat Batu, diambil dari kata Saka Empat yang artinya bangunan bertiang empat. Bangunan dilengkapi dengan batu dengan wujud meja dan kursi.
  • Sekenem, yaitu bangunan bertiang enam.
  • Bebaleq, yaitu rumah-rumahan untuk berteduh di sawah.

6. Jam Operasional dan Reservasi

Resto ini beroperasi pada hari Senin-Jumat mulai jam 10.00 – 21.00 Wita. Serta, hari Sabtu dan Minggu mulai jam 07.00 – 21.30 Wita.

Reservasi

Reservasi dapat dilakukan secara online melalui chat Whatsapp.

Terdapat form reservasi yang harus diisi oleh customer dengan minimum pembelanjaan mulai dari Rp 250.000. Info lebih lanjut terkait Detatar Vintage dapat diperoleh melalui Instagram Detatar Vintage.

TERIMAKASIH!

Terimakasih Sobat telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu dalam memilih tempat menghabiskan liburan! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika Sobat Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! Jangan lupa untuk cek artikel kami seputar kuliner lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *