June 16, 2024

Festival Tenun Tradisi 2021 diselenggarakan oleh Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam rangka menjaga tradisi masyarakat dan meningkat perekonomian terutama UMKM pada saat pandemi (4/12/2021). Mulai dari lomba memasak jajanan tumpeng non beras antar Pengurus TP PKK Desa dan Kelurahan se-KSB, Beauty Class serta Fashion Show Tenun Tradisi se-Pulau Sumbawa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini khususnya dengan tema acaranya, bagaimana cara kita menjaga tradisi kita sekaligus meningkatkan ekonomi kita di tengah pandemi saat ini.”

-ungkap Bupati KSB, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. dalam sambutannya.

1. Ragam Motif Tenun pada Fashion Show Festival Tenun Tradisi

Dalam Fashion Show Festival Tenun Tradisi KSB 2021 ini menampilkan beragam busana dengan motif tenun tradisi dari pada desainer lokal hingga nasional.

  • Motif yang simple seperti kain tenun yang dijadikan selendang (foto)
  • Tenun yang dikombinasikan menjadi sebuah busana sehingga terlihat anggun (foto)

Dalam acara Fashion Show Festival Tenun Tradisi tahun ini mendatangkan salah satu desainer dari Jakarta yakni Mom Irna Mutiara yang sekaligus founder Islamic Fashion Institute di Bandung.

Serta, MUA Profesional dari Lombok yang sekaligus sebagai Ketua Hijabers Mom Community Lombok, Ina Pariska.

2. Sebuah Tradisi Masyarakat Sumbawa

Sumber: www.kobarksb.com

Masyarakat Sumbawa sudah menenun selama ratusan tahun silam. Sebab, Penulis Belanda H Zolinger ini, pada tahun 1847 sudah menyinggung tenun Sumbawa.

Masyarakat Sumbawa menenun dengan teknik Palekat dan Songket. Bahan dasarnya katun hingga sutra, lalu benang yang digunakan perak dan emas.

Bahkan, tenun Sumbawa telah dikenal secara nasional maupun internasional oleh para wisatawan, yaitu kain sasambo, yaitu Sasak, Samawa, dan Mbojo.

3. Tenun Sumbawa Barat

Sumber: ANTARA FOTO-Ahmad Subaidi

Pada Kabupaten Sumbawa Barat, terdapat beberapa desa yang sudah dikenal akan produk kerajinan tenunnya.

Namun, salah satu Kabupten yang ada di Pulau Sumbawa ini belum memiliki desain atau motif yang merupakan khas dari daerahnya, Sehingga diharapkan melalui Festival Tenun Tradisi 2021 ini melahirkan satu motif baju atau rancangan tenun yang menjadi identitas Sumbawa Barat.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Desa Nglanggeran Peraih Best Tourism Village 2021 juga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *