June 16, 2024

Sabtu (25/06), Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke dua Desa Wisata NTB dalam rangka visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesai (ADWI) 2022.

1. Kunjungan ke Desa Wisata Buwun Sejati, Lombok Barat

Tiba di Desa Buwun Sejati, Sandiaga disambut dengan beragam atraksi budaya, meliputi kesenian Baleganjur, penampilan dalang cilik wayang kulit, dan malean sampi.

Setelah menyaksikan atraksi yang disuguhkan, Mas Menteri beranjak menuju salah satu destinasi wisata di Desa Buwun Sejati, yakni Mata Air Aik Nyet.

Di sana, Menparekraf menemui para pelaku ekonomi kreatif (ekraf), dari kain tenun, kerajinan gerabah, anyaman, olahan kopi, gula semut, sate bulayak, dan madu trigona.

“Tadi saya mendengar dari Pak Sahdan yang justru kelebihan pesanan disaat para pelaku UMKM susah memasarkan produknya sehingga kita melihat Desa Wisata Buwun Sejati bisa menjadi lumbung pangan kita yang dapat mensejahterakan masyarakat, menambah penghasilan, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ucap Sandiaga usai bertemu para pelaku ekraf Desa Buwun Sejati.

Tak mau kelewatan, Sandiaga juga mencicipi salah satu produk ekraf dan agrowisata yang dihasilkan Desa Buwun Sejati.

“Hari ini saya berbahagia karena desa wisata di Lombok Barat berturut-turut masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Desa Wisata Buwun Sejati ini memiliki panorama yang luar biasa, juga keindahan alam dan budaya serta produk ekonomi kreatif.

Yang menarik adalah, desa ini menunjukkan ketahanan pangan agrowisata. Kita lihat tadi beberapa kearifan yang timbul dari masyarakat yang agraris di saat ekonomi kita penuh tantangan, krisis pangan, krisis energi yang mulai kita rasakan. Tapi justru Desa Wisata Buwun Sejati menawarkan solusi, di mana mereka bisa mandiri”.

Kesan Menparekraf Sandiaga Uno usai mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati.

2. Kunjungan ke Desa Wisata Taman Loang Baloq, Mataram

Pada hari yang sama, di sore harinya Sandiga melanjutkan agenda ke Desa Wisata Taman Loang Baloq dengan disambut atraksi budaya, yaitu Gendang Beleq dan Tari Gandrung.

Setelah menyaksikan atraksi yang disuguhkan, Sandiga beranjak menuju gazebo-gazebo yang sudah diisi oleh para pelaku ekraf mulai dari produk kuliner, hasil kriya, dan produk fesyen.

Tak hanya itu, Mas Menteri juga disuguhkan parade 5 perahu hias dan paramotor di Pantai Loang Baloq.

  • Sandiaga Kunjungi Makam Loang Baloq

Sandiaga juga mengunjungi destinasi wisata religi di Taman Loang Baloq, yaitu Makam Loaq Baloq.

Di sana terdapat pohon beringin yang menjadi tempat tradisi masyarakat mengikatkan harapannya pada pohon beringin.

Lalu, dilanjutkan dengan masuk ke Makam Maulana Syekh Gauz Abdurrazak untuk berdoa.

Setelah selesai Mas Menteri diminta untuk memotong rambut 2 bayi di desa ini yang sedang menyelenggarakan acara Ngurisan.

“Saya terkesan dengan kombinasi antara wisata bahari dan wisata religi di Desa Wisata Taman Loang Baloq dan diharapkan bisa jadi satu kesatuan yang mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Di sini ada makam yang banyak membawa suatu pengalaman untuk berwisata religi. Destinasi ini dapat dikembangkan dalam satu travel pattern atau travel plan bagi wisatawan saat berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

Jadi destinasi di desa wisata ini sangat lengkap, mulai dari sunset, produk ekonomi kreatif, juga kearifan lokal yang kuat”.

Kesan Menparekraf Sandiaga Uno usai mengunjungi Desa Wisata Taman Loang Baloq.

3. Kolaborasi Menghadirkan Desa Wisata

Saat mengunjungi Desa Wisata Buwun Sejati, Menparekraf Sandiaga Uno, mengatakan pentingnya bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan Desa Wisata yang menarik hati.

“Kami bekerjasama dengan begitu banyak komunitas, salah satunya dengan komunitas zero waste untuk mendidik masyarakat sadar wisata, yaitu kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan keberlanjutan lingkungan (CHSE) sehingga desa wisata ini dapat menarik hati dengan melesterikan alam dan menjaga budaya”, kata Menparekraf saat doorstop dengan media.

Sedangkan di Desa Wisata Taman Loang Baloq, Sandiaga Uno mengajak mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata untuk mengapresiasi destinasi wisata yang ada di Indonesia.

“Para peserta famtrip dari Sekolah Tinggi Pariwisata dan beberapa sekolah lainnya kita ajak untuk mulai mengapresiasi destinasi wisata di Indonesia aja. Karena dulu kita lihatnya kalau berlibur ke luar negeri tapi ternyata kita (Indonesia) enggak kalah”, kata Menparekraf Sandiaga Uno, dikutip dari laman kemenparekraf.go.id.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kawan dan menambah wawasan mengenai perkembangan pariwisata Indonesia. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk selalu cek artikel terbaru kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *