June 24, 2024

Perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia identik dengan tradisi pulang ke kampung halaman atau mudik. Tidak hanya tentang silaturahmi, tradisi mudik juga erat kaitannya dengan pembahasan mengenai perputaran ekonomi. Menparekraf telah memprediksi terkait perputaran ekonomi selama lebaran 2022 yang berkisar hingga Rp 72 Triliun.

1. Musim Mudik Lebaran 2022

Pemerintah Indonesia telah menetapkan jadwal cuti bersama atau libur Lebaran 2022, mulai dari tanggal 29 April hingga 8 Mei 2022.

Tahun ini, Pemerintah mengizinkan masyarakat melakukan mudik menggunakan transportasi manapun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan telah melakukan vaksinasi baru dosis 1 maupun telah booster.

Rencananya, pemerintah juga akan memberlakukan sistem satu jalur – ganjil genap pada jalur tol saat arus mudik dan balik libur Lebaran. Info selengkapnya mengenai rencana pelaksanaan rekayasa lalu lintas pada arus mudik dan libur lebaran bisa di lihat di sini.

2. Prediksi Perputaran Ekonomi Saat Libur Lebaran 2022

Pemerintah, melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memprediksi perputaran ekonomi saat libur Lebaran 2022 akan mencapai Rp 72 Triliun.

“Angka tersebut bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur Lebaran tahun ini cukup panjang,” ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (18/4/2022).

Perhitungan itu mengacu pada Statistik Wisatawan Nusantara 2020, yang rata-rata pengeluarannya mencapai Rp 1,5 juta. Sedangkan, wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa dan berkunjung ke destinasi di Pulau Jawa rata-rata pengeluarannya mulai Rp 900 ribu hingga Rp 1,5 juta.

Menparekraf juga menjelaskan, momentum mudik libur lebaran akan berdampak signifikan pada peningkatan konsumsi rumah tangga, yang mana sektor ini merupakan kontributor terbesar pada pertumbuhan ekonomi. 

“Peningkatan biasanya terjadi di sisi konsumsi untuk makanan dan minuman, pakaian, transportasi, serta hotel dan restoran pada periode mudik lebaran. Kami memprediksi bidang usaha penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum (kuliner) akan mendapatkan dampak yang sangat positif.” ujarnya.

3. Perputaran Ekonomi dari Jumlah Kunjungan Tempat Wisata di Daerah saat Libur Lebaran 2022

Menparekraf Sandiaga Uno memperkirakan 60 hingga 70 persen pemudik akan berkunjung ke tempat-tempat wisata di daerah selama libur Lebaran 2022. Total pemudik pada 2022 menurut survei Balitbang Kementerian Perhubungan mencapai 85 juta orang.

“Kami memprediksikan 51-59,5 juta orang akan mengunjungi tempat wisata di daerah. Sebagian besar para pemudik tahun ini penyebarannya masih terkonsentrasi pada enam wilayah di Jawa, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Yogyakarta,” ujar Sandiaga dikutip dari Tempo.

Sandiaga berharap perjalanan para wisatawan dapat menyebar secara merata, khususnya di desa-desa wisata. Ia mengimbau masyarakat tak menumpuk di titik pelancongan tertentu dan menyebabkan keramaian di satu lokasi.

“Persebaran akan terjadi karena pelonggaran syarat perjalanan dan keberadaan tol memudahkan wisatawan dari Jawa berkunjung ke destinasi wisata di Sumatera maupun Bali dan NTB,” ujar Sandiaga.

4. Belanja Produk Ekonomi Kreatif saat Lebaran

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengimbau agar para pemudik membelanjakan uangnya dengan membeli produk-produk ekonomi kreatif lokal karya UMKM daerah.

“Kami mengimbau kepada para pemudik untuk membelanjakan uangnya pada produk dan jasa di daerahnya,” ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (18/4/2022).

Dengan membeli produk lokal, para pemudik akan membantu menggerakkan ekonomi di daerah. Selain itu, para pemudik bisa berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait 5 Keunikan Air Terjun Penimbungan Torean di Jalur Pendakian Rinjani yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur ke Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *