June 16, 2024

Dalam memperingati hari pendidikan nasional pada tahun ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Pentas Seni SLB 2022. Selain dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari para peserta, pentas seni ini juga mengadakan pameran seni rupa pelajar NTB yang menampilkan berbagai karya menarik para pelajar dari beberapa sekolah di Pulau Lombok.

1. Pameran Seni Rupa Pelajar 2022

Hasil karya beberapa pelajar yang ditampilkan ini menjadi pameran seni rupa pertama yang diadakan di Galeri Taman Budaya NTB untuk memperingati hari pendidikan nasional. Pameran seni rupa pelajar NTB ini dapat disaksikan oleh pengunjung dari tanggal 22-24 Mei 2022. 

Pada tahun-tahun sebelumnya, Lembaga Taman Budaya Nusa Tenggara Barat hanya menyelenggarakan pameran seni satu kali dalam setahun. Namun, berbeda dengan tahun ini, penyelenggaraan pameran akan dilakukan sebanyak tiga kali dalam setahun. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk bisa mengekspresikan dan menampilkan karya-karyanya.

2. Pameran Seni Rupa Pelajar Mengangkat tema Dedikasi Siswa untuk Bangsa

Pemilihan tema Dedikasi Siswa untuk Bangsa diambil dari istilah Diksi Rupa. Istilah Diksi Rupa menggambarkan ketertarikan para pelajar dalam memilih elemen visual yang tepat dalam melahirkan karya-karyanya. 

“Pemeran ini kita beri tema dedikasi siswa untuk bangsa. Maknanya untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak kita, khususnya pelajar, untuk bisa memberikan perhatian dalam membangun bangsa melalui hasil karyanya,” ujar Lalu Manan, Kepala Taman Budaya NTB.

Adanya acara ini, diharapkan dapat menjadi bentuk implementasi dan dedikasi para pelajar sebagai anak bangsa terlebih dalam bidang kesenian. Tema ini juga diangkat untuk merangkum keragaman jenis karya pada aspek tema, media dan teknik yang digunakan.

3. Menampilkan Berbagai Jenis Seni Rupa Menarik dari pelajar SMP/SMA sederajat di Pulau Lombok

Berbagai jenis seni rupa ini ditampilkan dengan rapi dalam Galeri Taman Budaya NTB. Mulai dari seni rupa 2 dimensi berbentuk lukisan, seni rupa 3 dimensi berbentuk patung, hingga seni relief berbentuk seni benang atau string art

Secara garis besar, terdapat 43 hasil karya seni rupa yang telah lulus kurasi dari beberapa siswa dan siswi SMP/SMA sederajat yang berada di Pulau Lombok. Sajian karya ini merupakan hasil karya-karya terbaik yang mewakili dari masing-masing 14 sekolah dan telah melewati proses penjaringan yang ketat.

Sajian karya-karya ini merupakan ikhtiar Lembaga Taman Budaya Nusa Tenggara Barat untuk memberikan ruang kepada para pelajar yang ada di Pulau Lombok untuk dapat mempresentasikan karya-karya terbaiknya.

4. Pameran dikurasi oleh Kurator Pertama di NTB

Pemilihan konsep, tema, maupun varian layout untuk pameran seni rupa ini dilakukan oleh Sasih Gunalan, salah satu kurator pertama di NTB. Menurut Sasih, pemilihan tema dedikasi siswa untuk bangsa atau diksi rupa dipilih untuk dapat merangkum keragaman karya yang ada.

“Saya tidak memberikan tema yang khusus. Saya harap tema yang saya berikan bisa menjadi bingkai kuratorial atau bingkai kerja dari pameran ini,” ujar Sasih Gunalan.

Proses untuk menyiapkan pameran sendiri telah dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni mulai dari tahun 2017.

5. Harapan untuk bisa Melahirkan Pelukis-pelukis Muda NTB

Dengan diselenggarakannya pameran seni rupa pelajar ini, harapannya dapat menumbuhkan semangat para pelajar untuk bisa mengembangkan potensinya di bidang seni. Selain itu juga untuk bisa memberikan ruang lebih luas bagi pelukis-pelukis muda, terutama dari kalangan pelajar di Nusa Tenggara Barat.

“Harapannya mudah-mudahan anak-anak kita, kedepannya, setelah tamat SMA mereka bisa selalu menggali potensinya supaya bisa membawa nama baik provinsi Nusa Tenggara Barat dalam bidang kesenian,” harap Lalu Manan, Kepala Taman Budaya NTB.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Pantai Selong Belanak, Panorama Pantai Hawaii di Pulau Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *