June 13, 2024

Pantai Kura-Kura atau yang dikenal oleh masyarakat Lombok dengan nama Pantai Sungkun merupakan destinasi wisata yang direkomendasikan untuk Kawan Travbuck ketika berkunjung ke Pulau Lombok.

1. Pantai dengan Bukit Menyerupai Kura-Kura di Tengah Laut

Lokasi pantai ada di bagian selatan Lombok di Dusun Sungkun, Desa Eka Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Beberapa masyarakat Lombok mengenal Pantai ini dengan nama Pantai Sungkun karena lokasinya yang berada di Dusun Sungkun. Namun, karena terdapat bukit batu besar menyerupai kura-kura di tengah laut yang menjadi keunikannya, sehingga pantai ini lebih dikenal dengan Pantai Kura-Kura.

2. Perjalanan dengan View Eksotisme Lombok

Perjalanan menuju Pantai Kura-Kura dapat ditempuh dalam waktu 1 Jam 23 Menit dari Bandara Internasional Lombok, 1 Jam 52 Menit dari Pelabuhan Lembar, 1 Jam 58 Menit dari Pelabuhan Gili Mas, dan 1 Jam 40 Menit dari Kota Mataram.

Agar memudahkan Kawan berkunjung, lokasi untuk menuju pantai sudah dapat dilihat melalui Google Maps dan akses jalan sudah baik.

Dalam perjalanan, Kawan akan menikati landscape perbukitan, aktivitas warga, dan merasakan suasana Pulau Lombok yang berbeda, sebab daerah Lombok bagian selatan terkenal dengan keeksotisannya.

3. Hamparan Pasir Putih yang Membentang Hingga 1KM

Selain panorama bukit berbentuk kura-kura, hamparan pasir putih luas membentang di pantai ini juga menjadi daya tarik yang tak kalah indahnya. Hamparan pasir putih ini membentang mencapai 1 Km dari timur ke barat.

Hamparan pasir putih tersebut tampak lebih indah jika dilihat dari atas bukit. Namun, ketika hendak naik ke atas bukit, Kawan harus tetap berhati-hati karena akan melalui jalur bebatuan yang dibentuk seperti anak tangga.

4. Mengabadikan Momen hingga Menikmati Semilir Angin

Terdapat beberapa spot foto yang telah tersedia dengan background batu kura-kura. Spot foto tersebut merupakan hasil KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Univeristas Gajah Mada Tahun 2019.

Kawan dapat menikmati semilir angin dengan melakukan beberapa aktifitas seperti bersantai di berugak, duduk di beberapa warung yang ada, maupun menggelar kain pinggir pantai.

Jika Kawan tiba di sini pukul 07.00 atau 08.00 pagi, jangan heran jika kawan bisa disambut oleh pemandangan indah burung-burung yang berterbangan di atas laut.

5. Fasilitas yang Tersedia

Pengelola Pantai ini telah menyediakan beberapa fasilitas untuk memberikan kenyamanan wisatawan. Terdapat fasilitas Berugak, Mushalla, Warung Kuliner, Tempat Parkir, Toilet (Rp 5.000/orang) dan Spot Foto.

Untuk harga tiket masuknya dihitung per-kendaraan, yaitu sebesar Rp10.000 (Roda 2), Rp20.000 (Roda 4), dan Rp25.000 (Roda 6).

6. Tips dari Kami Agar Liburanmu Aman & Nyaman

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada saat musim panas atau saat cuaca baik, karena pantai yang berada di selatan Lombok berdekatan langsung dengan laut Samudra Hindia yang pada saat musim hujan, pancaroba atau cuaca sedang tidak baik bisa mengakibatkan angin yang begitu kencang dan ombak yang tinggi.

Tidak lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan agar pengunjung dan wisatawan lain dapat menikmati keindahan Pantai Kura-Kura.

Dikarenakan bukit batu berbentuk kura-kura ini di tengah laut, maka ada kemungkinan terkena abrasi sehingga beberapa tahun atau berpuluh-puluh tahun bentuknya tidak akan sama lagi. Jadi segera masukkan ke dalam Travel Bucket List Kawan dan berkunjung ke sini!

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kawan dan memilih tempat menghabiskan weekend! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Lembang Wonderland, Wisata Mampir ke “Negeri Dongeng”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *