June 15, 2024

Selong Belanak menjadi salah satu pantai favorit di Pulau Lombok khususnya untuk warga lokal. Lokasinya yang tidak jauh dari kawasan Mandalika menjadikannya salah satu opsi pantai indah untuk dikunjungi wisatawan. Meskipun dekat, namun Selong Belanak memiliki keunikan sendiri dibanding dengan pantai sekitarnya bahkan dengan pantai lain diseluruh Pulau Lombok. Yuk cek apa aja keunikan itu, simak terus artikel ini!

1. Garis pantai berpasir putih yang panjang luas membentang

Selong Belanak terletak di Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jika kamu dari Kota Mataram kamu dapat tiba disini sekitar 1,5 jam perjalanan, sedangkan kalau dari Mandalika hanya sekitar 40 menit saja.

Pembeda pantai ini dengan pantai lain yang ada di Lombok adalah garis pantainya yang sangat panjang dengan kemiringan pantai yang landai. Berjalan di pasir putihnya yang luas dengan tekstur bak tepung halus memiliki sensasi sendiri. Kawan bisa berlarian bersama teman maupun hewan peliharaan sepuas hati karena sejauh mata memandang hanya ada hamparan lapang pasir putih.

Apalagi saat ombak menyentuh pasir pantai saat matahari terbenam akan terbentuk cermin yang memantulkan keindahan warna langit. Waktu inilah yang jadi waktu favorit untuk mengabadikan momen dalam foto.

2. Pantai dengan dua jenis ombak, awal karir para peselancar

Pantai Selong Belanak dengan garis pantai panjang membentuk bulan sabit ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di selatan, menjadikan ombak disini lebih tinggi dibanding pantai di sisi Lombok lainnya.

Terdapat dua jenis ombak pada pantai ini, terdapat area yang memiliki ombak cukup besar (30-50 cm) yang cocok untuk peselancar pemula yang hendak belajar. Sedangkan ombak kedua hadir dengan lebih tenang, umumnya digunakan untuk aktivitas air seperti berenang, berperahu, dan lainnya.

Jika kawan ingin belajar juga bisa, karena banyak disediakan sekolah berselancar di kawasan ini. Cukup dengan Rp 50.000 kawan dapat menyewa papan selancar, dan dengan tambahan Rp 100.000 untuk sewa jasa instruktur.

3. Temukan Ketenangan dengan suasana bak pantai pribadi

Pantai Selong Belanak sebelum menjadi tempat wisata telah menjadi area pemukiman keluarga nelayan. Kawan bisa menyaksikan kehidupan penduduk setempat sehari-hari seperti nelayan yang memperbaiki jalanya, atau warga yang membakar hasil tangkapan hari itu. Kawan juga dapat menyewa perahu untuk berjalan-jalan dan bahkan untuk memancing ikan, tidak banyak pantai memungkinkan untuk kawan melakukan aktivitas ini.

Ditambah lagi pantai yang luas ini menghadirkan suasana lebih tenang dan damai. Umumnya ramai saat musim libur, di luar itu kawan dapat merasakan bagaimana tenangnya berlibur di pantai pribadi, puasnya berlarian di pantai saat sunset, atau hanya fokus mendengarkan debur ombak saat mata terpejam.

4. Fasilitas yang disediakan di Pantai Selong Belanak

  • Pantai Selong Belanak, Selong Belanak
  • Pantai Selong Belanak, Selong Belanak

Fasilitas Pantai Selong Belanak masih tertinggal jika dibandingkan dengan pantai terkenal lainnya di Lombok, namun fasilitasnya memadai kebutuhan dasar pengunjung yang datang kesini. Disekitar pantai terdapat banyak cafe, warung makan dengan menu berbagai seafood, dan toko suvenir.

Musholla disediakan dalam keadaan cukup baik namun ukurannya lumayan kecil jadi tetap harus bergantian. Penginapan sederhana juga tersedia di sekitar area pantai. Toilet dengan bilik-bilik juga telah tersedia dan dalam kondisinya baik.

5. Perjalanan dengan “view” menuju lokasi Pantai Selong Belanak

Pantai ini terletak di bagian selatan Pulau Lombok, dengan lokasinya bisa dikatakan jauh dari pusat kota, namun akses jalan ke pantai ini sudah sangat baik. Sepanjang mata memandang kawan akan melewati bukit dan lembah yang bersusun hingga kejauhan.

Rumah-rumah yang berundak-undak diatas bukit dengan background laut di kejauhan. Bukit-bukit hijau di kedua sisi jalan, penuh dengan kebun jagung yang seirama saat dihembus angin. Serta Pohon-pohon tinggi, rimbun, dan teduh akan menjadi teman kawan selama di perjalanan.

Kawasan ini juga terkena efek popularitas dari Mandalika, sepanjang perjalanan kawan mungkin akan bertemu banyak kendaraan berat terutama di daerah perbukitan. Oleh karenanya tetaplah berhati-hati saat jalan menanjak.

6. Harga tiket masuk, jam buka, dan Parkir yang tersedia

  • Pantai Selong Belanak, Selong Belanak
  • Pantai Selong Belanak, Selong Belanak

Pantai Selong Belanak seperti kebanyakan objek wisata khususnya pantai di Lombok memiliki harga tiket masuk (HTM) yang terjangkau yaitu Rp5.000 per orang. Tidak termasuk parkir, untuk parkir motor sebesar Rp5.000 sedangkan untuk mobil sebesar Rp10.000 saja.

Sedangkan untuk jam bukanya pantai ini seperti juga pada pantai kebanyakan yaitu dapat diakses 24 jam. Namun penjagaan untuk kendaraan anda belum tersedia jika kamu datang saat dini hari atau malam hari. Lalu untuk parkir kendaraan yang tersedia sangat luas dan terbagi untuk motor dan mobil, dengan parkir motor lebih dekat dengan area pasir pantai.

Catatan khusus: untuk pengendara motor untuk mencari lokasi parkir dengan permukaan yang padat karena akan berbahaya jika kawan parkir di atas pasir, bisa bisa motor jatuh atau saat putar balik akan susah. Makin-makin kalau motornya yang jenis sport.

7. Tips Sebelum Kamu berkunjung ke Pantai Selong Belanak

Waktu terbaik disini adalah dari jam 4 hingga jam 6 sore untuk menikmati sunset. Menjelang magrib umumnya pengunjung sudah bergegas pulang dan umumnya setelah magrib sudah tidak ada orang di kawasan ini kecuali para nelayan dan warga lokal yang juga tidak terlalu banyak berlalu lalang disini. Seperti umumnya di kawasan wisata lain, keselamatan dan barang berharga adalah tanggung jawab masing-masing ya kawan!

Pantai Selong Belanak meskipun saat ini sangat populer sebagai spot sunset. Namun tetap saja dalam beberapa kondisi khususnya saat malam hari kawan harus melewati lembah yang masih minim penerangan dan mobil lalu lalang. Usahakan pulang bersama rombongan, jangan sendirian terutama menggunakan motor, dan tetap waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait 5 Keunikan Air Terjun Penimbungan Torean di Jalur Pendakian Rinjani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *