June 13, 2024

Jakarta Fashion Week 2022 telah usai diadakan secara virtual pada 25-28 November lalu. Pekan mode tahunan terbesar sejak 2008 ini kembali hadir dengan hasil karya-karya fashion terbaru dari para desainer tanah air. Mulai dari busana yang penuh warna hingga konsep futuristik yang unik. Tak ketinggalan, busana dengan perpaduan wastra nusantara juga dipamerkan oleh para desainer dalam JFW 2022 ini.

1. Sejauh Mata Memandang

Busana yang dipamerkan Sejauh mata memandang pada malam pertama Jakrta Fashion Week 2022 ini merupakan koleksi terbarunya dengan mengusung gaya kontemporer bertajuk “Tubuh”. Koleksi ini terbuat dari bahan tencel, katun organik, dan katun primisima yang ramah lingkungan. Lalu diproses dengan teknik cetak, batik cap, border, dan sulam tangan yang menunjukkan sentuhan wastra nusantara yang dikemas secara modern.

2. Bateeq

Tampil modis menggunakan unsur batik menjadi kalimat yang tepat ketika melihat koleksi terbaru yang dipamerkan Bateeq di JFW 2022 kali ini. Koleksi dengan nuansa dominan biru dan celana kulot dengan berbahan satin yang memadukan motif batik, para desainer dari Bateeq berhasil mentransformasi batik menjadi busana modern dengan sentuhan etnik tanpa terlihat kuno.

3. Gabriela – Pemenang Favorit Lomba Perancang Mode 2021

Motif batik Mega Mendung yang klasik dikemas lebih modern dipiih sebagai atasan yang dipamerkan di JFW 2022 oleh Pemenang Favorit Lomba Perancang Mode 2021, Gabriela. Busana ini memadupadankan hatlerneck crop top dengan asymetrical printed skirt.

4. Mia Fatmasari – Lasalle College

Para desainer lulusan Lasalle College juga ikut memeriahkan JFW 2022 dengan karyanya masing-masing. Sentuhan tenun ikat dalam busana yang diparmekan oleh Mia Fatmasari membuat terlihat lebih unik. Ia memberikan sentuhan tenun ikat pada coat warna navy dengan aksen balloon pada lengan.

Bagi yang kawan yang belum belum tahu, Wastra merupakan istilah dari kain tradisional Indonesia yang memiliki makna dan filosofi tersendiri, mulai dari simbol, dimensi, ukuran, warna, dan bahan. Terdapat empat jenis wastra di Indonesia, yaitu Batik, Songket, Tenun, dan Kain Ikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *