June 16, 2024

Bukit Bengkaung kini sudah semakin dikenal oleh masyarakat di Kota Mataram. Tempat ini menjadi spot favorit untuk menikmati keindahan Kota Mataram saat malam hari. Dari berbagai macam kedai atau cafe yang tersedia di Bukit Bengkaung, salah satu rekomendasi tempat yang memiliki view paling pas adalah Kedai Taman Langit Lombok.

1. Salah Satu Tempat Terbaik di Lombok untuk Menikmati Sunset

Taman Langit Lombok
Pemandangan dari Kedai Taman Langit (sumber: instagram.com/tamanlangit_lombok)

Kedai Taman Langit menjadi salah satu kedai awal di kawasan Bukit Bengkaung yang menawarkan konsep tempat nongkrong dengan pemandangan Kota Mataram dan pesisir barat Pulau Lombok.

Tidak heran tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk duduk bersama teman-teman, makan atau jajan sambil menikmati sunset, karena saat matahari terbenam, kawan dapat melihat keindahan siluet Gunung Agung di Pulau Bali yang menjulang tinggi, luasnya lautan pesisir, serta hamparan punggungan bukit yang semakin terlihat jelas saat terkena cahaya matahari.

Untuk kawan yang beragama Islam, tidak perlu khawatir jika ingin nongkrong sampai malam setelah menikmati indahnya sunset, karena tersedia fasilitas musholla yang dapat menampung pengunjung dalam jumlah banyak karena populernya tempat ini.

2. Berlokasi Di Bukit Bengkaung, Kabupaten Lombok Barat

Taman Langit Lombok
Pemandangan saat siang hari Taman Langit (sumber: instagram.com/tamanlangit_lombok)

Kedai Taman Langit berlokasi di Lembah Sari, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Jalan menuju Bukit Bengkaung bisa dikatakan cukup menantang karena harus melewati jalur yang berbelok-belok dan menanjak, namun kawan tak usah khawatir karena jalan sudah di aspal dengan baik.

Taman Langit berada pada bagian Bukit Bengkaung paling strategis, di mana saat siang hingga sore hari kawan bisa melihat keindahan pesisir barat Pulau Lombok serta Kota Mataram.

Dengan lokasinya yang berada kurang lebih 500 meter di atas permukaan laut, tidak heran suasana di sini menjadi sangat menyejukkan. Tidak hanya itu, jika beruntung kawan juga dapat melihat gumpalan awan menyelimuti daerah ini dan menghasilkan sensasi seperti berada di “taman langit” sesungguhnya.

3. Pesona City Light Kota Mataram dari Bukit Bengkaung di Taman Langit Lombok

Seperti halnya di Bandung dan Jogja, Lombok juga punya spot untuk melihat keindahan kotanya saat malam hari. Bukit Bengkaung merupakan satu-satunya tempat untuk dapat melihat keindahan lampu-lampu Kota Mataram saat malam hari dari ketinggian.

Khususnya di Kedai Taman Langit, lokasi dari tempat ini yang berada di bagian ujung kawasan Bukit Bengkaung memberikan view menyeluruh tanpa terhalangi oleh bukit maupun pepohonan di sekitar.

Kawan dapat mengabadikan keindahan lampu kota dengan berfoto di spot foto yang telah disediakan dari kedai ini. Saran kami, kawan bisa menyewa jasa fotografer yang ada di sekitar area kedai, karena hasil foto lensa tele yang digunakan fotografer sangat bagus jika dibandingkan dengan menggunakan kamera handphone.

4. Pemandangan Menakjubkan Selama Perjalanan

  • Bukit Bengkaung
  • Bukit Bengkaung
  • Bukit Bengkaung

Untuk menuju Bukit Bengkaung, kawan dapat memilih dua pilihan jalur, yaitu melalui jalan di samping Kantor Camat Batu Layar maupun jalan di depan alfamart Sandik. Kedua jalur ini pada akhirnya akan terhubung karena di bukit ini hanya terdapat satu jalan.

Menurut penulis, jalan yang paling nyaman adalah dari Kantor Camat Batu Layar. Meskipun waktu tempuhnya terbilang lebih lama untuk ke Taman Langit, namun akan sangat terbayarkan. Tebing-tebing tinggi dengan susunan pepohonan rapat, dinginnya semilir angin dari punggungan bukit, serta bukit-bukit bersusun rapi yang menakjubkan dapat ditemukan di jalur ini.

Saran dari kami, untuk menuju lokasinya, kawan bisa memilih untuk menggunakan sepeda motor atau mobil karena kondisi jalannya yang cukup sempit.

5. Harga Tiket Masuk dan Menu Makanan Taman Langit Lombok

Taman Langit Lombok
Salah satu spot terbaik untuk sunsetan (sumber: instagram.com/tamanlangit_lombok)

Harga tiket masuk di sini cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000 saja, sesuai dengan standar harga untuk masuk kawasan wisata di Lombok. Dengan membayar HTM kawan dapat sepuas hati menggunakan fasilitas yang telah disediakan.

Fasilitas yang disediakan sangat memadai, yaitu mencangkup toilet, musholla, beberapa spot foto unik, dan akses wifi. Sedangkan, untuk makanan tidak termasuk oleh HTM. Biaya parkir juga tidak termasuk HTM, biaya parkir motor berkisar Rp 2.000 ya kawan.

Makanan dan minuman yang disediakan cukup bervariasi dan tentunya relatif terjangkau. Mulai dari makanan ringan seperti french fries hingga makanan berat seperti pizza, steak, dan olahan mie. Jika kawan ke sini hanya untuk menikmati keindahan momen sunset saja, tanpa memesan makanan dan minuman yang disediakan, rasanya kurang banget.

6. Tips Buat Kawan yang Hendak Ke Taman Langit Lombok

Taman Langit Lombok
Spot foto yang disediakan oleh Taman Langit Lombok (sumber: dispar.lombokbaratkab.go.id)

Kami punya beberapa tips untuk kawan yang hendak berkunjung ke Kedai Taman Langit Lombok, agar pengalaman yang kawan dapatkan lebih maksimal di sini. Berikut adalah tips berkunjung ke taman langit:

Tips Pertama yaitu hindari datang saat weekend karena sangat ramai. Kawan akan cukup kewalahan karena kondisinya yang ramai mulai dari pintu masuk hingga saat mencari tempat duduk. Kalaupun tidak memungkinkan untuk kawan datangnya saat weekdays, maka sebaiknya datang sebelum sunset untuk mengamankan tempat duduk terlebih dahulu.

Tips Kedua, Periksa kondisi kendaraan sebelum berangkat karena jalurnya yang lumayan curam dan berkelok-kelok. Terutama jika kawan baru pulang saat malam hari, pastikan untuk berhati-hati saat hendak turun, ya.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kawan dan memilih tempat menghabiskan weekend!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Siwa Cliffs Lombok, Kulineran Asik di atas Bukit Kuta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *