June 15, 2024

Sembalun sang desa di kaki Gunung Rinjani dengan segala inovasinya selalu mampu membuat pengunjungnya untuk datang terus menerus untuk mencoba segala keseruan dan aktivitas disana. Kini muncul pemain baru yaitu Taman Surga Rinjani yang kian menjadi spot hits di Sembalun. Ingin tau lebih detail? baca artikel ini hingga habis ya!

1. Destinasi Wisata Baru di Sembalun

Taman Surga Rinjani didirikan oleh Zamroni Husein di atas tanah seluas 46 are dikelilingi perbukitan, perbukitan, dan hamparan sawah. Diresmikan oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah bersama dengan Sukiman Azmi selaku Bupati Lombok Timur pada Selasa, 9 Mei 2023. Suasana area ini sangat tenang dan sejuk khas Sembalun.

2. Perosotan Pelangi yang Sempat Viral

Daya tarik paling kuat dari taman ini adalah keberadaan perosotan warna-warni yang panjang dan begitu indah. Dengan panjang lintasan sepanjang 50 meter lebih, menjadikan sebagai spot yang tidak mungkin mata kamu lewatkan ketika berkunjung. Perosotan Pelangi ini sempat viral beberapa waktu lalu karena tampilannya yang menyerupai perosotan serupa bak di luar negeri.

3. Berbagai Wahana dan Spot Foto di Taman Surga Rinjani

Terdapat berbagai macam wahana permainan yang dapat pengunjung coba. Tidak banyak objek wisata dengan wahana seperti ini di Sembalun. Salah satunya itu pengunjung dapat mencoba menaiki sepeda di atas seutas tali. Tentunya dengan pelindung. Terdapat juga ayunan sejumlah 10 jenis.

Selain wahana permainan, tersedia juga banyak spot foto menarik seperti tangan raksasa, karpet aladin, air terun, sepeda gantung, taman bunga, dan masih banyak lainnya yang tentunya sangat instagramable.

4. Menghadirkan Konsep Wisata Syariah

Taman Surga Rinjani berusaha menghadirkan konsep wisata yang syariah dikarenakan Sembalun menyandang gelar World Best Halal Honeymoon Destination di Abu Dhabi pada 2016 silam. Owner Taman Surga Rinjani yaitu Zamroni ingin memadukan konsep wisata syariah dengan kearifan lokal masyarakat lokal.

5. Fasilitas Penunjang yang tersedia di Taman Surga Rinjani

Di sini fasilitas yang ada sudah cukup memadai dan dikelola baik oleh manajemen tempat wisata. Fasilitas yang ada mencangkup:

  • Area parkir luas, bahkan bus bisa masuk;
  • Berugak atau Gazebo;
  • Musholla;
  • Homestay;
  • Toilet umum;
  • Petugas penjaga keamanan;
  • dan yang terpenting: Warung Makan.

Oleh karenanya pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Jagalah kebersihan objek wisata ya sobat travbuck, dukung terus perkembangan objek wisata di Sembalun.

6. Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Operasional Taman Surga Rinjani

Taman Surga Rinajni berlokasi di Jl. Raya Sembalun Lawang No 11, Sembalun Bumbung, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Dengan jam operasionalnya pada hari senin hingga jumat pukul 09.00-18.00 WITA dan Sabtu-Minggu & tanggal merah dari pukul 08.00-22.00 WITA.

Harga tiket untuk dapat masuk ke area taman dan menikmati segala wahana yang adalah sebesar Rp20.000 saja (bayi dalam gendongan gratis). Terdapat beberapa wahana yang tiketnya dijual terpisah dengan harga berkisar pada Rp20.000-50.000.

7. Lokasi Strategis yang Dekat dengan Berbagai Wisata Sembalun lainnya

Lokasi taman ini tidak jauh dengan spot wisata terkenal lainnya di Sembalun. Sekitar 5 kilometer dari Taman Wisata Pusuk Sembalun, 3 kilometer dari Rest Area Sembalun, dan sekitar 1.8 kilometer dari Kedai Sawah Sembalun. Destinasi lain yang cukup dekat dengan taman ini yaitu Sajang Glamping, Bukit Pemedengan, dan Bukit Selong.

8. Akomodasi Terdekat: Rinjani Green Park

Hotel terdekat yang dapat kamu temui dari taman ini adalah Rinjani Green Park. Dengan harga per malam kisaran Rp300.000-400.000, bisa lebih murah. Menjadi salah satu hotel dengan lokasi terbaik karena langsung berhadapan dengan view perkebunan Sembalun.

Hotelnya bersih, tempat strategis dengan view langsung ke perkebunan Sembalun. Sudah termasuk sarapan, biasanya diberikan nasi goreng. Nilai plus hotel ini adalah beda yang luas dan empuk.

TERIMAKASIH!

Terimakasih sobat telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu sobat dalam menjelajahi kawasan Sembalun yang kaya akan wisata ini. Kalau begitu sekian dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Bukit Pemedengan, Spot Healing “All-In-One” di Sembalun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *