June 24, 2024

Sebagai salah satu kawasan wisata bertema budaya di Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan miniatur beragam budaya di Indonesia yang disajikan dalam lokasi seluas 150 hektar. Sempat ditutup pada tahun 2019, kini TMII kembali dibuka untuk masyarakat yang ingin berwisata dengan tetap mendapatkan edukasi beragam budaya dari 33 Provinsi di Indonesia.

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesa Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia yang berlokasi di Jl Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Berdiri di area seluas 150 hektar, taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia yang terdiri dari 33 provinsi yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1975, pembangunan Taman Mini bertujuan untuk menampilkan gambaran kelengkapan Indonesia dalam sebuah miniatur yang diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia.

2. Alasan TMII Ditutup Sementara

Menjadi salah satu destinasi wisata edukatif yang tenar sejak tahun 1975, Taman Mini terpaksa berhenti beroperasi pada tahun 2019 karena aturan lockdown pandemi covid-19.

Meski sempat terbengkalai dan ditutup, akhirnya pada tanggal 1 April 2021 terbit Peraturan Presiden (Perpes) Nomor 19 Tahun 2021 yang menyatakan segala bentuk pengelolaan Taman Mini diambil alih oleh pemerintah melalui PT Taman Wisata Candi (TWC).

Kemudian, pihak TWC mulai merevitalisasi area lokasi dan mulai dibuka kembali pada 20 November 2022 lalu.

3. Konsep Green Tourism TMII

Hadir dengan nuansa yang lebih segar dan asri, saat ini Taman Mini memberikan 70% ruang terbuka hijau dari total luas lokasinya. Ruang terbuka hijau ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai lokasi olahraga seperti jalan santai, bersepeda dan jogging.

Guna mendukung TMII Green Tourism, kendaraan beremisi wajib parkir di elevated (area parkir) yang telah tersedia. Hanya kendaraan non-emisi atau ramah lingkungan yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling, diantaranya ialah Mobil Wisata Listrik, skuter listrik dan sepeda.

4. Fasilitas yang Kembali Dibuka

Area yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Taman Mini antara lain: Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Mas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum dan Anjungan Daerah. 

Selain memberikan beragam fasilitas bagi pengunjung, Taman Mini juga kerap mengadakan acara yang mengangkat kesenian di Indonesia. Misalnya Gelaran Pentas Kesenian Kalimantan Timur, West Java Ethnic Music Show, dan Pergelaran Wayang Kulit Lakon “Sirnaning Angkara Murka”.

5. Pemesanan Tiket

Pemesanan tiket bisa dilakukan melalui situs resmi TMII yaitu www.tamanmini.com. Pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara online melalui situs web, karena pihak Taman Mini tidak melayani pembelian di tempat.

Pembayaran hanya bisa dilakukan secara non-tunai atau dompet digital untuk pembelian tiket maupun untuk wahana-wahana di dalamnya.

Harga tiket masuk

Tiket masuk Rp. 25.000

Harga tiket masuk Museum

Tiket masuk Rp. 15.000

Harga tiket masuk Flora dan Fauna

Harga tiket masuk mulai dari Rp. 25.000

6. Jam operasional

Jam operasional Taman Mini “Indonesia Indah”

Senin s/d Jumat: 06.00-17.00 WIB

Sabtu dan Minggu: 05.00-17.00 WIB

Jam Operasional Unit Wahana dan Museum

Senin sampai Minggu: 08.00-16.00 WIB

Informasi lebih lanjut terkait pemesanan tiket ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan Taman Mini dapat diakses melalui website resmi www.tamanmini.com, Instagram @tmiiofficial dan akun Instagram media & corporate @media_tmii.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Kebun Binatang Gembira Loka, Rekreasi Satwa Terbesar Di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *