June 24, 2024

Dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), tiga Desa Wisata NTB (Nusa Tenggara Barat) berhasil meraih juara dari tiga kategori.Pengumuman pemenang ADWI 2021 telah dilaksanakan pada, Selasa Malam (7/12/2021).

1. Desa Wisata Senaru, Lombok Utara – Juara 4 Kategori Daya Tarik Wisata

Desa Wisata NTB
Daya tarik wisata Senaru (sumber: kemenparekraf)

Kategori Daya Tarik Wisata menunjukkan bahwa desa wisata mereka memiliki berbagai macam daya tarik yang bisa ditawarkan kepada setiap pengunjung.

Desa Wisata Senaru memiliki beragam daya tarik, mulai dari potensi alam hingga adat istiadatnya.

Potensi alam, ada air Terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep, Arung Rinjani , dan wisata Kebun Kopi. Dari segi adat istiadat, rumah adat senaru dan atraksi tradisional masyarakat setempat, seperti tarian Gegerok tandak, dan permainan gasing tradisional.

2. Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah – Juara 4 Kategori Toilet Umum

Desa Wisata NTB
Toilet Bonjeruk (sumber: kemenparekraf)

Tidak hanya produk pariwisata berupa destinasi dan oleh-oleh yang dinilai, tetapi juga bagian pendukung seperti toilet umum yang bersih dan lengkap.

Hal ini dapat dilihat di desa wisata NTB yang terbaru yaitu Desa Wisata Bonjeruk. Desa wisata berbasis eco-cultural, dengan konsep pengembangan dan perancangan yang berorientasi budaya dan keseimbangan alamnya.

Terdapat pasar bambu dan produk ekonomi kreatif berupa fesyen, kriya, dan kuliner juga menjadi daya tarik desa wisata ini.

3. Desa Wisata Sesaot, Lombok Barat – Juara 4 Kategori CHSE

Desa Wisata NTB
CHSE Desa Sesaot (sumber: kemenparekraf)

Penerapan protokol CHSE, yaitu kebersihan, kesehatan, dan aspek lingkungan sudah sepatutnya menjadi standart utama desa wisata saat ini.

Desa Sesaot telah menerapkannya, dimulai pemeriksaan suhu sebelum masuk kawasan destinasi, penyedian tempat cuci tangan, dan penyedian tempat sampah yang banyak.

Hal ini dilakukan guna mendukung daya tarik para wisatawan sehingga menjadi aman dan nyaman ketika berkunjung.

Diharapkan dengan digelarnya ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat memontivasi para desa wisata untuk meningkatkan kualitas desanya, serta menjadi inspirasi bagi desa wisata lain di pelosok nusatara.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat menjadi semangat kawan menjelajahi kekayanan negeri ini!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Festival Tenun Tradisi 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *