June 16, 2024

Setelah hiatus selama 2 tahun lamanya Malam puncak SKETSA 2022 berlangsung meriah pada Minggu, 19 Juni 2022. Mengusung tema bertajuk “Berkelana di Ruang Interaksi”, acara ini sukses membuat penonton bisa merasakan kembali euforia menonton konser secara langsung di Mataram.

1. SKETSA Smansa 2022

SKETSA atau Smansa Kompetisi Edukasi Talenta Seni dan Olahraga merupakan acara tahunan yang digelar oleh OSIS SMAN 1 Mataram. 

Pada tahun-tahun sebelumnya, SKETSA telah mengundang sederetan band, penyanyi maupun influencer ternama, seperti GAC, Raisa, Sheila on 7, dan beberapa nama artis lainnya.

Setelah vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19, tahun ini SKETSA kembali dengan mengundang salah satu penyanyi yang telah merilis album barunya “Manusia”, yakni TULUS. 

Mengusung tema “Berkelana di Ruang Interaksi” yang diambil dari 3 lagu tulus, yaitu “Kelana”, “Ruang Sendiri”, dan “Interaksi”, malam puncak SKETSA 2022 berlangsung meriah.

“Tidak menyangka bisa mengundang Tulus untuk acara puncak SKETSA tahun ini, dan ini merupakan pengalaman pertama menjadi panitia setelah vakum selama 2 tahun”, ujar Baiq Nabila Yuliani, Koordinator Artis Sketsa 2022 dalam talkshow beberapa waktu lalu.

Selain TULUS, terdapat juga penampilan dari Charisa Faith, penyanyi jebolan ajang audisi Indonesian Idol Junior.

2. Malam Puncak SKETSA 2022 juga Diramaikan dengan Talkshow dan Penampilan Seni

Malam puncak acara SKETSA 2022 juga diramaikan dengan acara Talkshow yang membahas tentang “Wirausaha Muda Digital”.

Talkshow ini mengundang Raden Bagus Faizal Irany selaku Operation Supervisor Gojek Branch Mataram dan Harmoko selaku Ketua Asosiasi Bimbingan Konseling dan Guru Konselor SMAN 1 Mataram.

“Kita tidak mau pada tahun ini hanya pure konser tetapi nanti ada edukasi juga dengan talkshow dari pihak Gojek, Dikbud NTB, dan pihak sekolah.” kata M. Taufiqi selaku ketua OSIS SMAN 1 Mataram.

Selain itu, terdapat juga penampilan seni yang dimeriahkan oleh siswa/i SMAN 1 Mataram yang berfokus dalam bidang seni. Seperti penampilan dari Ekskul Rhythm Groove Percussion SMANSA, Harmony Remansa Band, dan The Winner of SKETSA SING-OFF Performance.

3. Bazar Kuliner dengan Berbagai Pilihan Makanan dan Minuman di Malam Puncak SKETSA 2022

Tidak hanya diramaikan oleh beberapa penampilan, di dalam lokasi acara juga terdapat bazar kuliner. Bazar ini yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman dari 20 UMKM lokal di Kota Mataram.

Selain untuk memeriahkan acara SKETSA, Bazar ini juga diadakan untuk mendukung dan memperkenalkan UMKM yang ada di NTB.

Setelah beberapa tahun tidak ada acara konser musik, beberapa UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman ini memilih untuk kembali mencoba membuka tenant di acara-acara yang mulai kembail digelar, salah satunya pada acara SKETSA 2022 ini.

“Kita tertarik buat coba lagi, ini tenant pertama kita setelah pandemi COVID-19, karena selama ini kan udah lama ngga ada acara ya di masa pandemi.” ujar Sintia salah satu pemilik tenant Goklat Lombok di acara SKETSA (19/5).

4. Euforia Antusias Penonton Tidak Hanya dari NTB

Antusiasme penonton terlihat dari ribuan jumlah tiket yang sudah habis terjual. 

Selain itu, antusiasme penonton juga terlihat dari ramainya penonton yang sudah terlihat menunggu sejak open gate pada pukul 16.00 WITA. Penonton terlihat ramai memenuhi sebagian area di depan panggung dan area bazar untuk mencicipi pilihan makanan dan minuman yang ada.

Saat puncak acara di malam hari, terdengar suara riuh penonton yang sudah sangat ramai memenuhi area di depan panggung. Tulus sukses membuat ribuan penonton kompak bernyanyi bersama saat membawakan ruang sendiri sebagai lagu pembuka.

Tidak hanya para remaja, banyak kalangan-kalangan yang sudah cukup umur pun ikut antusias dengan penampilan dari artis berdarah Minangkabau ini.

Penonton yang hadir tidak hanya berasal dari NTB saja, melainkan juga dari beberapa daerah di luar, seperti pulau seberang, Bali. Banyak penonton yang rela datang dari luar daerah dan berburu tiket untuk bisa merasakan euforia menonton konser Tulus.

“Rasanya super excited karena di sini kan udah lama banget ya tidak ada konser, jadi pingin juga ngerasain euforia nonton konser lagi, apalagi konsernya sebesar ini dan juga sangat tertarik dengan bintang utamanya, Tulus. Jadi bela-belain harus dapet nih tiketnya” Ucap Anin, salah satu penonton yang hadir pada malam puncak Sketsa 2022 (19/6).

5. Malam Puncak SKETSA 2022 Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Kapasitas jumlah penonton untuk acara puncak Sketsa di tahun ini hanya 50%, sehingga target penonton atau pengunjung yang telah ditetapkan sebanyak 1000 hingga 2000 orang saja.

Panitia dan semua pihak yang terlibat juga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pihak Sketsa juga telah menyiapkan fasilitas seperti toilet dan medis untuk penonton yang hadir.

TERIMAKASIH!

Terimakasih kawan telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kawan mempelajari dan mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam perkembangan bidang kepariwisataan Indonesia! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Jika kawan Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Dua Desa Wisata NTB Masuk 50 Besar ADWI 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *