June 13, 2024

Tuna’s Eatery, sebuah resto di Lombok yang membawa konsep unik dengan mengangkat ikan tuna lokal ke dalam menu mereka. Dibalik cita rasa lezat olahan ikan tuna yang disajikan, terdapat kisah inspiratif tentang upaya Tuna’s Eatery untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi kuliner tuna dari NTB.

1. Tuna’s Eatery, Pionir Gerakan Ayo Makan Ikan

Berlokasi di Jalan Gunung Kerinci No 12, Dasan Agung, Kota Mataram, NTB, Tuna’s Eatery menjadi resto kekinian dengan sentuhan gaya classic industrial yang digandrungi masyarakat pecinta kuliner di Kota Mataram.

Beroperasi sejak 3 tahun yang lalu, Tuna’s Eatery mengusung konsep resto spesialis oalahan tuna, dengan menu yang ditawarkan menggunakan ikan tuna lokal NTB.

“Ikan tuna kami pilih sebagai bahan utama dalam pembuatan menu, karena merupakan superfood yang berkualitas dan memiliki banyak manfaaat bagi kesehatan,” ungkap Miki selaku Owner.

2. Misi Sosial Tuna’s Eatery: Membina Nelayan Lokal dan Pemilihan Tuna Berkualitas

Perairan laut NTB merupakan salah satu penghasil ikan tuna terbesar Indonesia, tetapi kebanyakan hasil dari tangkapan ikan tuna tersebut langsung di ekspor. Akibatnya, masyarakat lokal kurang mengkonsumsi ikan tuna.

Hal tersebut membuat Tuna’s Eatery menginisiasi pembinaan kepada kampung nelayan di Sumbawa. Sebanyak 15 kapal nelayan lokal dibantu dengan membeli ikan tuna yang dihasilkan.

“Kami selalu berupaya untuk menjaga kualitas dan kesinambungan pasokan ikan tuna berkualitas tinggi,” ujar Miki.

3. Tuna’s Eatery Cutting Tuna Show: Membawa Budaya Lokal ke Level Global

Terinspirasi dari atraksi pemotongan ikan yang ada di jepang, Tuna’s Eatery menghadirkan “Cutting Tuna Show” yang menggambarkan proses memotong tuna dengan sentuhan lokal, seperti menggunakan pakaian adat Sasak.

Inovasi tersebut ini tidak hanya menarik perhatian pelanggan lokal, tetapi juga menyita perhatian wisatawan asing. Hal ini sangatlah unik, karena hanya sedikit resto yang dapat menghadirkan atraksi pemotongan ikan yang dibalut dengan budaya lokal Indonesia.

4. Menu Best Seller Olahan Ikan Tuna

Tuna’s Eatery menawarkan menu makanan yang terjangkau agar masyarakat dari segala kalangan dapat menikmati olahan ikan tuna. Menu yang sering dipesan oleh pengunjung seperti Garang Asam Tuna dan Steak Tuna dengan bumbu homemade. Resto ini tidak hanya memberikan cita rasa lezat, tapi juga memberikan pengalaman kuliner yang unik dan berbeda.

Selain itu, resto ini juga menjual sambal ikan tuna khas NTB, abon ikan tuna, dan frozen food olahan ikan tuna (seperti bakso ikan tuna ataupun nugget ikan tuna). Permintaan sambal ikan tuna sangatlah tinggi sehingga penjualannya telah mencapai ke luar daerah. Penjualan sambal ikan tuna dilakukan melalui beberapa e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia.

5. Fasilitas dan Jam Operasional

Berbagai fasilitas yang tersedia bagi pengunjung ialah freewifi, area indoor maupun area outdoor yang memiliki banyak spot foto, meja makan yang cukup banyak, parkiran yang luas dan toilet yang bersih.

Resto ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari 10.00– 22.00 Wita. Jadi sangat cocok buat Sobat yang mau makan siang ataupun nongkrong dengan menu makanan yang lezat, harga terjangkau, dan suasana resto yang kekinian.

6. Harapan Kedepannya

Miki berharap, ke depannya semakin banyak masyarakat lokal yang ingin mengenal dan mengkonsumsi ikan lokal, khususnya ikan tuna.

Dengan cita rasa yang terjangkau, mereka berambisi untuk membuka cabang di setiap kota di Indonesia. Sebuah langkah untuk menyebarkan kelezatan dan misi keberlanjutan mereka ke seluruh negeri.

Untuk Informasi tambahan lainnya, Sobat bisa langsung kunjungi instagram @tunas.eatery.2.

TERIMAKASIH!

Terimakasih Sobat telah membaca hingga akhir artikel, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu dalam memilih tempat menghabiskan liburan! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Jika Sobat Travbuck membutuhkan guide, informasi, maupun kendaraan, jangan segan untuk menghubungi kami di media sosial kami ya! Jangan lupa untuk cek artikel kami terkait Makan Sambil Main Bersama Kucing di Black House Cafe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *